Pilkades Serentak Tanah Bumbu Tunggu Revisi Perda

0
168
Batulicin – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu,Samsir mengatakan,tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak tahun 2022 saat ini telah memasuki tahap penyusunan Peraturan daerah (Perda).
“Tahapan saat ini masih dalam proses penyusunan Peraturan Daerah (Perda) tentang penyelenggaraan Pilkades,” terang Samsir melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, M. Sibyani.
Perubahan Perda tentang Pilkades serentak tersebut bertujuan melakukan sejumlah penyesuaian aturan pemilihan kepala desa yang akan diselenggarakan sesuai dengan kondisi di Kabupaten Tanah Bumbu pada masa transesi pandemi saat ini.
Dijelaskan, terkait pemilihan serentak kepala desa, sesuai harapan Bupati Tanah Bumbu, abah HM. Zairullah Azhar pada Musrenbang Kecamatan Kusan Tengah belum lama tadi mengingatkan agar para calon memahami tugas dan tanggungjawab seorang kepala desa.
Pemimpin yang dapat bermanfaat bagi masyarakatnya merupakan salah satu pintu keberkahan bagi kepala desa dan hal tersebut juga termasuk dalam tugas yang sangat mulia.
“Kita berharap figur-figur yang akan menjadi kandidat terbaik ini juga memiliki sifat yang dapat memahami, mengayomi, disiplin, dan peduli dengan masyarakatnya karena salah satu tugas dari kepala desa yakni melayani masyarakat,” tambahnya.
Pilkades yang akan diselenggarakan nanti juga menganut asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil).
Adapun syarat bagi calon kepala desa yakni minimal pendidikan SMP sederajat, tidak pernah menjalani hukum pidana, menyertakan SKCK, dan tidak pernah dicabut hak pilihnya.
Selanjutnya bagi masyarakat yang pernah mencalonkan diri sebagai kepala desa pada periode sebelumnya diperbolehkan untuk mencalonkan diri kembali dengan syarat belum mencalonkan diri baik secara berturut-turut maupun tidak berturut-turut dengan jumlah yang melebihi batas yakni tiga periode.
Dinas PMD berharap, dengan rencana penyelenggaraan Pilkades Serentak nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta akan terpilih kepala desa yang memiliki visi membangun untuk mensejahterakan masyarakat dan memajukan desa di Kabupaten Tanah Bumbu. (Fdr/Zd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here