Petani Gunung Tinggi Nikmati Panen Padi Setahun Dua Kali

0
257

Batulicin
– Koordinator Penyuluh Pertanian DPP Batulicin, Resmiyati Halim menyebut terjadi peningkatan produksi padi petani ditahun 2021 ini.
Salah satu faktor yang mendukung peningkatan tersebut menurut Resmiyati adalah masa tanam dan panen petani, Dimana tahun lalu petani hanya mampu menanam dan memanen sekali.
“Tahun 2021 ini sudah dua kali tanam dan dua kali panen, kemudian luas sawah yang telah digarap juga mengalami peningkatan yakni lebih dari 100 hektar,” ujarnya disela kegiatan syukuran panen padi di areal persawahan Kelurahan Gunung Tinggi yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Tanbu,Faurazi Akbar,Rabu (15/9/21)
Resmiyati menjelaskan,inovasi-inovasi yang telah dilakukan dalam memajukan sektor pertanian  yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang dibutuhkan petani dalam melakukan kegiatan pertanian baik dari segi pengolahan, pasca panen dan pemasarannya.
” Alhamdulillah,berkat dukungan pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian setiap tahun ada peningkatan dalam bidang pertanian seperti kuantitas lahan dan jumlah penanaman dan hasil panen,”
Selain itu, langkah yang dijalankan di lapangan adalah memaksimalkan pemanfaatan teknologi, melakukan penyuluhan kepada petani, berbagi ilmu dan menggali permasalahan yang terjadi untuk dicarikan solusi.
Senada,Ketua Gapoktan, Jusmani bersyukur dan berterimakasih atas kerjasama semua pihak khususnya kepada pemerintah daerah serta penyuluh pertanian atas sarana dan prasarana, berupa ilmu maupun cara bercocok tanam kepada para petani sehingga tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
“Yang perlu ditingkatkan lagi saluran jalan usaha tani terutama irigasinya yang masih perlu diperbaiki,” ujarnya
Jusmani juga Berharap untuk bidang pertanian kedepannya semakin meningkat, serta banyak para pemuda bisa terjun langsung ke bidang pertanian.
Sementara itu,Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Faurazi Akbar, berharap pembinaan pelatihan terus dijalankan oleh pemerintah daerah melalui leading sektor Dinas Pertanian kepada para penyuluh pertanian baik pembinaan terhadap petaninya ataupun pelatihan terkait bagaimana peningkatan produksi petani.
“Sehingga usaha tani yang dilakukan terus tumbuh dan berkembang, guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Terutama dalam mengembangkan Tanah Bumbu Maju, Mandiri, Unggul, Religius, dan Demokratis di Bumi Bersujud yang berjulukan Serambi Medinah,” ujar Kadis Pertanian mengakhiri sambutannya.
Turut hadir syukuran panen itu, Lurah Gunung Tinggi, Yudi Hana, anggota Gapoktan Sejahtera dan masyarakat.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here