CSR BIB Dukung Penuh Gebyar Olimpiade Sains Siswa dan Guru Se-Tanah Bumbu Tahun 2018

0
694

Batulicin,WT– Tidak kurang 450 Peserta ,yang terdiri Siswa dan Guru Se- Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu)  mengikuti kegiatan Gebyar Olimpiade  Sains Siswa dan Guru Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu,pembukaan kegiatan ini dilaksanakan  di lapangan SMA Negeri 1 Angsana,Kecamatan Angsana,Tanah Bumbu,Sabtu (28/7) pagi

Pembukaan Agenda Gebyar Olimpiade Sains Siswa ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan  PT Borneo Indo Bara selaku sponsor utama kegiatan, dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Tanah Bumbu,H Sudian Noor  yang di wakili Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Politik ,Drs H. M Thaha,M.Pd , sementara dari Perwakilan PT Borneo Indo Bara (BIB) dihadiri Riadi Pimka Sinem,selaku business Unit head PT.BIB,Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu, hadir juga perwakilan Forkominda,Camat Angsana dan Anggota DPRD Tanah Bumbu,Abd Rahim.

Ketua Panitia Olimpiade Sains Siswa dan Guru se-Tanah Bumbu,Drs Abd Jabir, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini menjadi ajang  kompetisi dan asah kemampuan, namun pada dasarnya lomba ini merupakan ajang pembelajaran terutama dalam kemampuan akademik siswa dan guru.

“ Kegiatan ini  juga sekaligus menjadi evaluasi terhadap 200 guru guru di Tanah Bumbu yang telah  mengikuti Pendidikan dan pelatihan (Diklat) guru OSN di Surya Institut ,pelatihan ini hasil kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu dengan PT.Borneo Indo Bara.

Gebyar Olimpiade Sains Siswa dan Guru ini diikuti sebanyak 450 peserta,dengan rincian peserta yakni untuk peserta tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 60 peserta,dengan bidang studi sains Matematika dan IPA, dimana salah satu peserta atas nama Nagita Salwa Azzahra, siswa SDN 2 Pasar Baru, adalah peserta  pada OSN Tingkat Nasional di Padang, Sumatera Barat.

Pemkab Tanbu memberikan Piagam penghargaan kepada perwakilan PT Borneo Indo Bara atas dukungan Gebyar Olimpiade Sains Siswa Tahun 2018

Sementara untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) diikuti 181 peserta,bidang studi sains IPA,IPS dan Matematika,dimana salah satu perserta atas nama Delova Juang Putra Hananata,siswa SMPN 1 Simpang Empat,peraih medali perunggu pada OSN Tingkat Nasional di Palembang tahun 2015.

Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SLTA) diikuti149 peserta,dengan bidang studi sains Matematika,Kimia,Fisika,Biologi dan Geobumi.

Sementara itu Staf ahli Bidang Pemerintahan hukum dan politik, Drs.H.M.Thaha,M.Pd,dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini bukan hanya berorientasi pada kejuaraan semata akan tetapi esensi yang terletak pada pendidikan itu sendiri yaitu menjadikan kesempatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience)

“ Memang benar dalam kegiatan ini ada ajang kompetisi dan unjuk kemampuan,akan tetapi pada dasarnya kegiatan ini merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah fikir serta pengembangan sikap peserta lomba.Ingat, kalah dan menang bukan tujuan,tetapi jadikan sebagai motivasi mencapai tujuan ,”ujarnya

Baca juga :Focus Grup Diskusi PT BIB,Sinergikan Program CSR Perusahaan Dengan Program Pemerintah Daerah

Baca juga : Warga Terdampak Banjir Angsana Terima Bantuan dari PT.BIB

Senada dengan itu,Perwakilan PT Borneo Indo Bara (BIB) Riadi Pimka Sinem,selaku business Unit head PT.BIB mengatakan,dukungan penuh yang diberikan perusahaan terhadap pelaksanaan Gebyar Olimpiade Sains Siswa dan Guru ini merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam ikut meningkatkan sumber daya manusia di daerah ini,khususnya melalui program CSR bidang pendidikan.

“ Perusahaan saat ini  sedang fokus menyusun program CSR untuk jangka panjang,kita terus melakukan  koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mensinergikan berbagai program CSR perusahaan dengan program startegis daerah. Harapan kami program seperti ini bisa memberi manfaat yang berkelanjutan  ,”imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan,bidang pendidikan ini adalah salah satu dari delapan pilar pemberdayaan CSR perusahaan PT BIB dengan menyesuaian dengan arah pembanguan pemerintah kabupaten Tanah Bumbu.

“ Kita menyadari bahwa pendidikan ini menjadi kunci utama untuk meningktkan sumber daya manusia di daerah ini,sehingga dengan SDM yang berkualiats akan berkontribusi bagi  kemajuan pembangunan daerah,”’tutup Riadi.

( Al/wtol)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here