Persiapan Vaksinasi Covid-19, Dinkes Tanbu Siapkan 85 Vaksinator

0
199
Batulicin,wartatanbu.co.idKepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Tanah Bumbu, Setia Budi mengatakan, selaku pelaksana teknis pemberian vaksinasi Covid-19 di Kab Tanah Bumbu,pihaknya kini telah mempersiapkan para tenaga medis (vaksinator) yang akan melakukan vaksinasi Covid-19.
Selain persiapan tenaga medis,persiapan pendukung lainnya juga telah disiapkan di sejumlah fasilitas kesehatan. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi kepastian waktu pelaksanaan vaksinasi.
“Untuk petugas di Rumah Sakit ada 5 petugas, sedangkan di Puskesmas jumlahnya 85 petugas,” terang Setia Budi, Senin (11/01/21).
Seperti diwartakan sebelumnya, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu akan memprioritaskan para tenaga kesehatan (Nakes).
“Pemberian vaksin Sinovac diutamakan bagi 2.287 nakes yang tersebar di Puskesmas maupun Rumah Sakit di Kabupaten Tanah Bumbu,”
Untuk di Tanah Bumbu kebutuhan vaksin bagi tenaga kesehatan yang bertugas di 38 tempat pelayanan kesehatan baik milik pemerintah daerah maupun swasta
Sementara itu terkait jatah jumlah vaksin yang akan diterima, ia belum bisa memastikan. Program vaksinasi Covid-19 merupakan kebijakan pusat yang dalam pendistribusian telah melalui mekanisme yakni dari pusat ke Dinkes Provinsi dilanjutkan ke Kabupaten/Kota.
Seterusnya vaksin akan didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan baik Puskesmas maupun rumah sakit.
Untuk mensukseskan program vaksinasi tersebut Ia juga menghimbau kepada masyarakat dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi di Tanah Bumbu dengan bersedia divaksin.
Sebagai informasi,Pemerintah pusat menargetkan program vaksinasi dimulai pada Januari 2021.
Selanjutnya proses vaksinasi nantinya akan dilakukan secara bertahap hingga hampir semua masyarakat mendapatkan vaksin secara gratis.
Terkait dengan proses persiapan pelaksanaan vaksinasi, Kementerian Kesehatan pada 14 Desember 2020 juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here