Peran Keluarga Cegah Kekerasan Terhadap Anak

0
57
Batulicin,WTol – Penyuluhan kekerasan terhadap anak,pencegahan dan penanganannya digelar Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu, dengan peserta dari sejumlah Organisasi Wanita di Tanah Bumbu
Kegiatan dibuka Asisten bidang Pemerintahan ,Mariani,MAP di ruang rapat Bersujud 1 Sekretariat Pemkab Tanbu, Kamis (08/08/19)
Sosialisasi kekerasan terhadap anak kali ini dihadiri Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Bumbu, Hj Muliawati Rooswandi Salem, beserta sejumlah anggota GOW Tanbu diantaranya Persit,NU,IGTKI, HIMPAUDI Tanbu,Gatriwara,DWP Tanbu dan organisasi wanita di Tanah Bumbu.
Sosialisasi kekerasan terhadap anak menghadirkan Narasumber Bripda Ivony Lasmaraha. S dari unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Tanah Bumbu.
Kepada Dinas KBP3A Kabupaten Tanah Bumbu, Narni,SKM,M.Kes dalam laporannya menyampaikan, penyuluhan kekerasan terhadap anak ini bertujuan menyampaikan informasi pencegahan kekerasan  anak kepada peserta dimana perlindungan terhadap anak merupakan peran bersama antara  orang tua,pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.
” Semakin banyak yang melindungi dan mengawasi maka semakin sedikit resiko anak untuk berhadpan dengan hukum,karena itu setiap kita memiliki peran dalam upaya pencegahan dan penangananmasalah kekerasan terhadap anak,”ujar Narni.
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya disampaikan Asisten  Bidang Pemerintahan, Mariani,M.AP menyampaikan,sebagian orang tua masih ada yang beranggapan kekerasan adalah bagian dari upaya mendisiplinkan anak.
“Mereka lupa bahwa orangtua adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam mengupayakan kesejahteraan, perlindungan, peningkatan kelangsungan hidup, dan mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya,” ujarnya.
Kemudian lanjutnya, apabila ditemukan adanya tanda–tanda kekerasan terhadap anak maka sebaiknya para orang tua segera mengajak anak berbicara dari hati ke hati tentang adanya perilaku kekerasan yang dialaminya.
“Dan apabila memang ada peristiwa tersebut maka segeralah membawa si anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik, laboratorium dan psikologis” pungkasnya

*Ad/mc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here