Penulis Muda Tanbu Terima Penghargaan Dari Dispersip

0
80
Batulicin,WTol – Sebanyak 27 pegiat literasi di Tanah Bumbu menerima piagam penghargaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu.
Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi pemerintah daerah atas dedikasi mereka dalam menghasilkan karya tulis melalui buku.
Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan disela Rapat koordinasi Dinas perpustakan dan Kearsipan,di Gedung Mahligai Bersujud,Simpang Empat,Rabu (27/11/19)
Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kab Tanah Bumbu, Ambo Sakka mengungkapkan,apresiasi terhadap para pegiat literasi tersebut merupakan bagian dari upaya lain meningkatkan minat baca masyarakat dengan memandang buku sebagai sesuatu yang berharga.
“Pemerintah daerah melalui Dinas pepustakan dan kearsipan membeli buku karya penulis Tanah Bumbu sebagai salah satu apresiasi atas karya mereka”tuturnya
Upaya lainnya untuk meningkatkan minat dan budaya baca dimasyarakat yakni melalui Perpustakaan yang harus mendapatkan perhatian khusus baik oleh Pemerintah Desa maupun pihak sekolah.
Sementara itu terkait pelaksanaan rakor dispersip ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan gerak langkah penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan di Tanah Bumbu kedepan.
“Dibutuhkan sebuah kelembagaan kuat,pendanaan, SDM, gedung koleksi bahan pustaka dan minat baca,dalam mengembangkan Lembaga Perpustakaan dewasa ini,” tegas Ambo.
Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah desa dapat merencanakan untuk membuat pojok baca atau perpustakaan didesa, dengan mengacu pada MOU bersama antara Kementrerian desa , pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi RI dengan Kepala peprustkaan Nasional nomor 360/M-DPDT/KB/III/2018 tentang pengembangan Perpustakaan Desa di desa, daerah tertinggal dan kawasan transmigrasi.
Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisiten III bidang administrasi umum Drs. Mustaing menyambut baik dengan diadakannya rakor ini,ia berharap melalui rakor dapat menghasilkan ide-ide cemerlang tentang penyelenggaraan Perpustakaan dan Kearsipan di Tanah Bumbu  terhadap budaya dan  minat baca dimasyarakat.
Rakor dihadiri oleh Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA,  Kepala Desa dan penggiat literasi di Tanah Bumbu.
Pada rakor tersebut menghadirkan 3 orang pembicara yaitu kepala BPS Tanah Bumbu Ahmad Mudzakir tentang Perpustakaan dalam angka statistik, pembicara kedua Ambo Sakka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tentang Penataan Perpsutakaan dan Kearsipan di Tanah Bumbu sedangkan pembicara ketiga Muhammad Arif Rahman Hakim,M.Sos tentang siklus kearsipan.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here