Penataan Arsip SKPD,Dispersip Bentuk Arisan Kearsiapan.

0
76
Tanah Bumbu,WTol – Salah satu inovasi Dinas  Perpustakaan dan Kerasipan (Dispersip) Tanbu dalam rangka penataan arsip SKPD lingkup Pemkab Tanah Bumbu yakni dengan menginisiasi terbentuknya arisan kearsipan.
“Sejak 2003 sampai 2019 atau selama 16 tahun Tanah Bumbu berdiri arsip SKPD masih belum tertata rapi,”ungkap Kepala Dispersip Tanah Bumbu, H. Ambo Sakka melalui Kabid Kearsipan, Arif Rahman Hakim, Selasa (3/9/19)
Salah satu langkah yang ditawarkan Dispersip adalah melalui arisan kearsipan yang diikuti perwakilan dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)
“Sampai saat ini  telah terdaftar sebanyak 40 SKPD yang menjadi anggota, kegiatannya sendiri akan dilaksanakan setiap hari dari Senin hingga Kamis,”terangnya

Baca Juga : Sudian Noor : PNS Harus Berikan Pelayanan Penuh Masyarakat

Arif menambahkan, setiap pekan akan dilaksanakan pengerjaan arsip secara bersama-sama seluruh dinas selama 4 hari kerja.
“Ada 4 tim yang berkerja setiap hari,dimana satu tim terdiri dari 10 SKPD,artinya arisan kearsipan tersebut dapat menyelesaikan penataan arsip dan dokumen penting dinas sebanyak 4 SKPD setiap pekannya,”ujar Arif
Program ini menurut Arif, telah berjalan sejak April 2019 dan ditargetkan bulan Desember 2019 arsip seluruh dinas sudah rampung dan tertata dengan rapi sesuai kaidah kearsipan.

Baca Juga : Pilkades Serentak,Petugas KPPS Se Tanbu Di Beri Pembekalan

Tambahnya lagi,banyak manfaat yang diperoleh dari dibentuknya arisan kearsipan itu,diantaranya anggota arisan kearsipan akan memiliki komptensi dan kemahiran dalam mengelola arsip.
” Ya harapan kita mereka yang ada dalam arisan ini nantinya mampu menjadi pioner,dalam hal pengelolaan arsip dan mengajarkan kepada pegawai lainnya di SKPD masing-masing.” pungkasnya.
-*wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here