Pemkab Tanbu Terima Penghargaan APE 2021 Dari Kementerian PPPA RI

0
116
Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).
Penghargaan tersebut diserahkan langsung Deputi Bidang Kesetaraan Gender, di Kantor Kementerian PPPA Jakarta, Kamis (23/9/21)
Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 diberikan kepada Pemerintah Daerah sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah
Kabupaten Tanah Bumbu dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.
Kementerian PPPA bekerjasama dengan tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) tahun 2020 di Kabupaten/Kota.
Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).
Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar mengapresiasi dan menyampaikan selamat kepada semua pihak yang telah berkomitmen dalam pengarusutamaan gender di Kabupaten Tanah Bumbu.
“Penghargaan ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi,”ujar Bupati, Senin (28/9/21) di Batulicin.
Bupati berharap komitmen ini benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Hj. Narni, SKM.,M.Kes mengatakan data dan informasi yang disampaikan oleh setiap instansi dapat dimanfaatkan sebagai landasan untuk melakukan langkah-langkah stategis, terencana, efektif, dan efisien dalam mempercepat terwujudnya pembangunan yang berkeadilan dan merata, baik bagi perempuan maupun laki-laki dengan mengimplementasikan strategi PUG.
“Dengan penghargaan APE kategori pratama semakin meningkatkan motovasi kerja kami terutama pokja PUG dan akan mengadvokasi lembaga masyarakat, dunia Usaha dan media untuk berpartisipasi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sehingga APE di tahun mendatang bisa kami peroleh dengan kategori Utama sesuai target di dalam RPJMD tahun 2021 s.d 2026,” pugkasnya.
Narni juga menjabarkan program prioritas pengarusutamaan gender di Kabupaten Tanah Bumbu meliputi,Program keserasian kebijakan kualitas anak dan perempuan,Program penguatan kelembagaan pengarusutamaan gender dan anak, Program peningkatan kualitas hidup dan perlindungan perempuan,Program peningkatan peran serta dan kesetaraan gender dalam program pembangunan serta terakhir program penguatan kelembagaan anak keseluruhan program prioritas pengarusutamaan di bawah DKBP3A Kabupaten Tanah Bumbu.
Selain Kab Tanah Bumbu, sejumlah Kab/Kota di Kalimantan Selatan juga menerima penghargaan yang sama diantaranya Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin,Kab. Balangan,Kab. Banjar,Kab. Hulu Sungai Selatan,Kab. Hulu Sungai Utara,Kab. Tabalong,Kab. Tanah Bumbu,Kab. Tapin,
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here