Pemkab Tanbu Syukuran Panen Raya,Gunakan Varietas Unggul Hasilkan GKP 8 Ton Perhektar

0
50
Batulicin,WTol – Penggunaan  padi bibit unggul terbukti mampu meningkatkan produksi padi petani di Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, Tanah Bumbu.
Jenis bibit padi unggul yang digunakan adalah varietas mekongga yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui dana APBN 2019.
Terbukti padi varietas ini petani mampu menghasilkan rata rata 8 ton per hektar berdasarkan hasil ubinan gabah kering panen dengan masa tanam selama 115 hari.
Syukuran atas panen raya padi sawah di Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, Kamis (08/08/19) bersama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pertanian bersama para kelompok tani Desa Kersik Putih.
Adapun padi yang di panen pada panen raya ini seluas 10 Hektar milik kelompok tani Harapan Bersujud dengan yang beranggotakan 15 orang petani.
Pjs Kepala Desa Kersik Putih Irwansyah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas terlaksananya panen raya sekaligus syukuran tersebut.
“Sudah menjadi kebiasaan bagi para petani untuk melaksanakan kegiatan ini, agar semoga hasil panen akan terus meningkat,” ujarnya.
Dalam sambutannya Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor yang disampaikan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Mustaing menyampaikan selamat atas keberhasilan panen padi untuk kelompok tani Harapan Bersujud Desa Kersik Putih.
“Saya berharap semoga melalui panen raya kali ini, semakin menambah motivasi para petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil panen padi berikutnya,” sebutnya.
Menurutnya, petani memiliki peran penting dan strategis dalam upaya menjadikan pertanian, sebagai sektor andalan dan penggerak utama pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.
Oleh karenanya, petani harus senantiasa mengembangkan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi, terutama penerapan teknologi tepat guna, dalam rangka mempermudah pekerjaan, menghemat sumber daya, dan mampu memberikan nilai tambah pada produk pertanian serta akan memacu peningkatan produksi, produktivitas dan kualitas produk pertanian yang berdaya saing, selain meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri.
Melalui momentum panen raya itu, Bupati mengajak semua pihak untuk membangun sektor pertanian yang kuat di Bumi Bersujud, agar terus bertambah maju dan mampu mewujudkan swasembada padi di daerah.
“Tentunya dalam rangka mendukung dan mewujudkan harapan tersebut, kami Pemerintah Daerah akan selalu siap membantu para petani maupun kelompok tani dalam mengembangkan pertaniannya,” tutupnya.
Iwn/mc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here