Pemkab Tanbu Genjot Sertifikasi Aset Daerah, Targetkan 500 Bidang di 2022.

0
37
Batulicin – Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kab Tanah Bumbu menargetkan 500 sertifikasi atas tanah milik daerah pada tahun 2022.
Untuk mencapi target itu,Disperkimtan telah menjalin kerjasama dengan Badan Pertanahan Negara (BPN) Tanah Bumbu dalam melakukan percepatan sertifikasi tanah aset pemerintah daerah.
“Target awal di tahun 2021 hanya 100 sertifikasi,kemudian di tambah usulan usulan sehingga menjadi 500 sertifikasi,” terang Kadis Perkimtan,H. Ansyari Firdaus, melalui Kasi Pengaturan Penguasaan, Penatagunaan dan Pengurusan Hak-Hak Atas Tanah, Hj. Ernawati baru tadi.
Jumlah tersebut tambah Ermawati,dimana tahun 2022 dibutuhkan anggaran tambahan berdasarkan penambahan usulan percepatan sertifikasi.
Lanjutnya lagi,penambahan itu merupakan kumpulan usulan surat di BPN sejak tahun 2013 hingga tahun 2021 yakni 183 yang harus diperbarui.
“Sesuai hasil zoom meeting dengan KPK, yakni menyelesaikan target 183 sertifikasi tersebut,” imbuhnya
Disampaikan Hj. Ernawati, hingga saat ini yang sudah diterima dari BPN sebanyak 38 sertifikasi yang terbit.
Ia menyebutkan, dari jumlah aset keseluruhan yakni sebanyak 2.679 bidang, dimana yang telah menyelesaikan sertifikasi sebanyak 447 bidang.
sementara yang belum mendapat sertifikat adalah 2.332 bidang termasuk jalan di Kabupaten Tanah Bumbu.
Disamping itu, tanah khusus untuk bangunan terdapat 888 bidang, sedangkan yang sudah diproses bersama BPN sebanyak 183 sertifikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here