Pemkab Tanbu – BLK Lembang MoU Pelatihan Berbasis Kompetensi

0
218
Wartatanbu.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang Kemnaker RI Jawa Barat, menandatangani Nota Kesepahaman, Memorandum of Understunding (MoU) terkait pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi.
MoU tersebut sebagai respon Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang atas penawaran kerja sama pelatihan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam upaya menciptakan tenaga kerja unggul di daerah ini.
Penandatanganan MoU kerjasama pelatihan dilakukan oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H Ready Kambo dan Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang, Tuti Haryanti, ST, MSi, berlangsung di Balai Latihan Kerja Lembang, Jawa Barat ,Selasa (22/12/20)
Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UM Kab Tanah Bumbu, M Avian Noor mengatakan, kesepakatan kerjasama tersebut merupakan terobosan baru dari Pemkab Tanbu dalam rangka menciptakan tenaga yang memiliki kompetensi sekaligus salah satu upaya pemerintah daerah dalam menekan angka pengangguran.
” Melalui penandatanganan MoU ini diharapkan bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga dapat mandiri, mengurangi pengangguran dan dapat berdaya saing dalam kesempatan kerja,” ujar Kadisnakertranskop dan UM melalui Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Syaikhul Ansari.
Syaikhul menjelaskan,dalam MOU tersebut disepakati bentuk kerjasama pelatihan dengan sistem boarding,non boarding dan MTU
” Sistemnya ada yang dikirim ke BLK Lembang dan sebaliknya tim BLK Lembang yang datang ke Tanah Bumbu. Untuk pelatihan yang dilaksanakan di Tanah Bumbu pembiayaan dari BLK Lembang,” tambahnya
Lebih jauh, Syaikhul menjelaskan, untuk sistem boarding, pelaksanaan pelatihan di laksanakan di BLK Lembang dengan dana sharing Pemkab Tanah Bumbu, biaya transportasi dari Tanbu ke BLk Lembang pulang pergi dan biaya pelaksanaan seperti modul, alat praktek, asrama, konsumsi dan lainnya.
“Untuk yang Non Boarding biaya pelatihan semua dari daerah atau juga bisa biaya sharing,” tambah Syaikhul
Sementara untuk sistem mobil training unit (MTU) pihak BLK Lembang ke Tanah Bumbu biaya dari mereka semua diperuntukan kelompok usaha.
Saat ini BLK Lembang memiliki beberapa program pelatihan kejuruan diantaranya perikanan, pertanian,perkebunan,peternakan, mekanisasi pertanian dan kuliner(tataboga).
Dengan adanya MoU ini, pemerintah daerah berharap tenaga kerja di Tanah Bumbu bisa memiliki kompetensi dan sudah tersertifikasi.
Turut mendampingi Wabup dalam penandatangan kerjasama tersebut,Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, Asisten 2 Pemkab Tanbu, Kadisnakertranskop & UM,Kadisporpar, Plt Kadis Perikanan, Plt. Kepala BLK Tanah Bumbu beserta Tim.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here