Pemkab Tanbu Bersiap Antisipasi Dampak La Nina

0
64
Batulicin,Wartatanbu.co.id – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar meminta seluruh jajarannya bekerjasama dengan seluruh stakeholder diwilayah ini bersiap mengantisipasi perubahan cuaca akibat dampak La Nina
Hal itu disampaikan bupati,saat membuka Rapat Koordinasi Antisipasi Menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang Laut (ROB) di Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021, Kamis (18/11/21).
Pemerintah daerah lanjut bupati sedang berusaha secara maksimal, melakukan perencanaan untuk melakukan penanganan secara menyeluruh.
Kesiapan itu dalam rangka menghadapi berbagai kemungkinan, dan upaya memprediksi bencana akan mungkin terjadi yang sering dihadapi pada musim hujan.
“Ada beberapa daerah yang selalu menjadi langganan banjir, perlu diwaspadai persoalan kedekatan wilayah kita dengan wilayah laut,” ujar bupati.
Selain antisipasi terhadap bencana alam,bupati juga menyampaikan langkah langkah pemerintah daerah  untuk bisa menuntaskan secara langsung hal-hal yang bisa menjadi sumber persoalan.
Antisipasi bencana ini juga tambah bupati, perlu melibatkan masyarakat,yang sudah bisa memprediksi wilayah rawan sehingga masyarakat ini akan jauh lebih efektif, maka penanggulangan dapat diatasi.
Pemerintah Daerah punya tanggungjawab bersama-sama Forkopimda dan semua stakeholder yang terkait.
“Dengan kesiapan ini, kita berharap ketika terjadi musibah maka kita sudah siap dengan langkah langkah penenggulangannya,” pungkasnya.
Ditempat yang sama, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, Dwi Kesuma Putra mengungkapkan,rapat koordinasi ini adalah meningkatkan koordinasi seluruh stagehokder Penanggulangan bencana dalam rangka menentukan langkah-langkah kesiapsiagaan dan antisipasi dalam menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi di musim penghujan sebagai dampak dari fenomena La Nina.
Kegiatan Rapat Koordinasi ini dihadiri sebanyak 32 orang, terdiri dari pimpinan SKPD, Forkopimda, Lembaga Institusi, Organisasi dan dunia usaha yang terlibat dengan penanggulangan bencana. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here