Pemkab Tanbu Ajukan Raperda Pendirian Dan Pengeloaan Bumdes

0
81
Batulicin,WTol – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan 3 (tiga) buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), dalam Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu,Senin (11/11/19)
Penyampaian 3 raperda tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu,Roswandi Salem di depan rapat paripurna anggota DPRD Tanbu yang dipimpin Wakil Ketua,Alpiya Rakhman.
Salah satu Raperda yang disampaikan yakni Raperda tentang pendirian,pengelolaan dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dinilai perlu dilakukan perubahan sesuai pedoman pendirian dan pengelolaan Bumdes yang harus mengikuti perkembangan dinamika perundang undangan saat ini.
“Dari 145 Desa di Tanah Bumbu,sudah ada sekitar 138 Bumdes yang mana perlu perhatian dari Pemerintah daerah dalam hal kebijakan yang akan mengatur pendirian pengelolaan maupun pembubaran Bumdes,”kata sekda
Baca Juga : Hari Pahlawan,Bupati : Saya Ingin Tak Ada Lagi Veteran Tempati Rumah Tak Layak
Baca Juga : Petani Tanbu Terima Mesin Traktor dan Klaim Asuransi Usaha Tani
Sekda mengatakan,regulasi itu nantinya akan menjadi pedoman pendirian dan pengelolaan Bumdes agar menghasilkan kesejahteraan kemakmuran dan kemandiran desa.
Selain itu disampaikan juga Raperda rencana pembangunan industri Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2019-2039 sesuai amanat UU No 14 perindustrian dimana raperda ini bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,kemakmuran dan kesejahtraan rakyat melalui perluasan kesempatan kerja dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
Raperda ketiga yang disampaikan adalah Raperda Penghapusan Desa Gunung Hantalau Meratus Raya Kecamatan Mantewe, yang saat ini telah menjadi wilayah Kabupaten Banjar.
Berdasarkan rekomendasi ditjen bina pemdes No 146/3672/2017 disebutkan Desa tersebut
masuk wilayah daerah kab banjar sehingga Pemkab Tanbu penyesusian perda terkait perubahan tersebut.
” Perlu dilakukan penyesuaian Perda No 9 tahun 2010 tentang pengahpusan desa gunung Hantalau agar tercipta kepastian hukum,” tandasnya.
wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here