Pemerintah Sudah Datangkan Klorokuin untuk Obat Virus Corona

0
130
Jakarta – Pemerintah memutuskan memanfaatkan obat klorokuin untuk pengobatan virus corona (Covid-19). Obat keras ini hanya dipergunakan untuk mengobati pasien yang sudah positif terinfeksi, bukan untuk pencegahan.
“Pemerintah sudah mendatangkan obat yang secara evidend based, secara pengalaman, digunakan oleh negara lain dan memberikan respon yang positif. Satu obat itu sudah akrab kita ketahui yang kita sebut namanya klorokuin,” kata Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19, Achmad Yurianto, di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (21/3/2020).
Yurianto menegaskan, Klorokuin dipakai untuk penyembuhan,bukan pencegahan. Karena itu, tidak perlu masyarakat kemudian membeli dan menyimpan obat ini. Karena Klorokuin adalah obat keras yang bisa dibeli dan digunakan hanya dengan resep dokter serta diberikan tenaga medis.
“Kami mohon tidak ada persepsi yang salah yang menganggap Klorokuin adalah obat untuk mencegah infeksi Covid-19, sehingga masyarakat tidak perlu berbondong bondong untuk membeli dan menyimpannya di rumah,” kata Yurianto.
Diketahui, Klorokuin adalah obat yang selama ini digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria. Obat ini biasanya diberikan pada penderita malaria di daerah endemik atau area yang diketahui berisiko tinggi terjangkit malaria, seperti Papua, Papua Barat dan beberapa wilayah Indonesia timur
Sumber : Beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here