Pembudidaya Udang Galah Pilih Bibit Lokal dari Balai Benih Pulau Salak.

0
256
Batulicin,WTOL- Sejumlah pembudidaya udang galah di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) menggunakan bibit udang galah dari Balai Benih Ikan (BBI) Pulau Salak, Kecamatan Kusan Hilir
Seperti yang diungkapkan sejumlah pembudidaya ikan dari Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, saat berada di Balai Benih Ikan (BBI) Rabu (10/4/19)
“Kami kesini untuk membeli benih udang galah sebanyak 5.000 benih yang nantinya akan dibudidayakan,”tuturnya
Para pembudidaya ikan dari Desa Sungai Dua ini mengatakan sangat tertarik untuk mengembangkan usaha budidaya udang galah.
“Ini pertama kalinya mencoba budidaya udang galah. Sebelumnya saya membudidayakan ikan nila dan sangat berhasil,” ujarnya.
Diakui para pembudidaya ini, tingginya permintaan pasar dengan harga jual udang galah sangat menjanjikan serta dukungan pangsa pasar yang juga tersedia menjadi salah satu daya semakin tingginya minat budidaya ini.
Sementara itu,Kepala UPT BBI Pulau Salak, M Rizwan, mengatakan sektor perikanan di Tanah Bumbu sangat potensial untuk dikembangkan, salah satunya yaitu udang galah yang kini mulai diminati oleh warga Tanah Bumbu.
“Hari ini, kami menerima kunjungan pembudidaya lokal dari Desa Sungai Dua yang berminat untuk membudidayakan udang galah,” sebut Riswan.
Menurut Rizwan, permintaan benih udang galah semakin tinggi. Tidak hanya dari pembudidaya lokal, namun permintaan banyak pula dari pembudidaya luar daerah seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Pulau Jawa.
Rizwan mengatakan permintaan benih udang sangat tinggi ini tentunya diimbangi dengan pembenihan yang dilakukan oleh BBI Pulau Salak.
“Pembenihan terus dilakukan untuk memenuhi permintaan para pembudidaya,”pungkasnya.
rel/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here