Pembangunan Wisata Siring Pantai Pagatan Tahap Pembebasan Lahan Warga

0
97
Batulicin – Pemerintah Kab Tanah Bumbu melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) saat ini mulai melakukan tahapan pembangunan kawasan wisata Siring Pagatan.
Tahap awal pembangunan kawasan wisata Siring Pagatan kini sudah dalam tahap pengukuran lahan dan pembebasan tanah warga.
“Pembebasan tanah warga ini merupakan langkah awal bersama pengukuran lahan,” jelas Kepala Disbudporpar Tanah Bumbu, Hamaluddin Tahir baru tadi.
Untuk proses pengukuran lahan tersebut tanbah Hamal, pihaknya bekerjasama sejumlah SKPD lain di lingkup Pemkab Tanah Bumbu seperti Dinas PUPR dan Dinas Perkimtan.
“Kemarin (12/1/22), pengukuran tanah di Desa Beringin dengan panjang 640 meter terukur dari Sungai Salo Mate sampai seberang langgar dan ukuran lebarnya bervariasi kisaran 35 dan 40 meter sesuai dengan garis pantai,” tambahnya.
Selanjutnya, untuk panjang Desa Sungai Lembu 1,5 kilo meter dan rencana yang akan dilakukan pembebasan lahan yaitu 20 sampai 50 meter ke belakang.
” Untuk yang masuk desa Sungai Lembu rencanannya pada hari Kamis (13/1/22),”pungkasnya.
Pihaknya juga melaibatkan pihak ketiga yakni dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) untuk melakukan penilaian terhadap harga tanah di lingkungan tersebut.
Setelah harga tanah ditetapkan oleh KJPP, maka pemilik akan diundang untuk melengkapi berkas surat yang diperlukan dan pembayaran lahan akan langsung masuk pada rekening warga masing-masing.
Hamal menambahkan, bahwa pada prinsipnya pemerintah daerah tidak akan merugikan masyarakat karena dibeli sesuai dengan harga umum dan sudah ditetapkan oleh KJPP. (Zd/wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here