Pelayanan BPJamsostek Berjalan Normal,Terapkan Layanan Online Dan Jaga Jarak

0
129
Foto : Suasana Pelayanan di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Batulicin, Jum'at (17/4/20)
WTol – Seluruh pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) dipastikan tetap berjalan secara normal meskipun ditengah pandemi COVID-19.
Hal tersebut diungkapkan Deputi Direktur Wilayah Badan Pelayanan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJamsostek) Kantor Wilayah Kalimantan,Panji Wibisana, diruang kerjanya,Jum’at (17/4/20)
Ia memastikan, seluruh pelayanan berjalan seperti biasa meskipun terdapat perubahan yakni dilakukan secara online dan penerapan jaga jarak.
“Layanan berjalan normal, walaupun tanpa kontak fisik seperti sebelumnya,kami harus menerapkan protokol Covid-19 baik itu physical distancing maupun social distancing,” kata Panji.
Dirinya menambahkan,ditengah pandemi covid-19 peserta BPJamsostek dapat mengakses layanan melalui aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.
Tambahnya lagi,untuk peserta yang akan melakukan klaim akan mendapatkan nomor antrian.
Baca Juga : Pegawai Non ASN Di Tanbu Terima Santunan Klaim BPJamsostek Senilai Rp 724 Juta.
Penerapan physical distancing maupun social distancing, menurut Panji,diharapkan tidak menjadi kendala dalam mengakses layanan BPJamsostek.
Menurutnya hal tersebut telah menjadi tugas pihaknya untuk menerapkan solusi, sehingga memberikan kemudahan pagi para peserta yang menginginkan pengajuan klaim santunan program BPJS Ketenagakerjaan.
“Seluruh penerapan tersebut diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang mewabah baik di wilayah Kalimantan maupun Indonesia pada khususnya,” tandasnya
Baca Juga : Bupati Intruksikan,Pembuatan APD Tenaga Medis Di BLK Tanbu Segera Diproduksi
BPJamsotek juga menerapkan sebuah Protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik atau ‘Protokol Lapak Asik’ dimana tidak akan ada customer service (CS) yang biasanya berada di barisan terdepan, dan digantikan dengan Protokol “Lapak-Asik”
“Dengan menggunakan teknologi secara online maka peserta sudah dapat berinteraksi bersama kami dalam rangka proses pengajuan dan penyelesaian Klaim,” pungkasnya
Sementara itu BPJamsostek pada Triwulan pertama tahun 2020, BPJamsostek Kanwil Kalimantan telah membayarkan klaim sebesar Rp 456,2 miliar untuk 4 program yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian dengan jumlah keseluruhan 45.059 kasus.
BPJamsostek mencatat, dari 4 program serta total pembayaran klaim santunan tersebut, kasus terbanyak adalah program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan jumlah 40.576 kasus dengan besar santunan Rp 405,3 Miliar.
Saat ini pelayanan BPJamsostek untuk Wilayah Kalimantan sendiri membawahi 11 kantor cabang dan 19 Kantor Cabang perintis yang terdapat di 5 Provinsi.
Sementara itu,Kantor BPJamsostek Cabang Batulicin & KCP Pulau Laut Kotabaru mencatat, hingga triwulan kedua tahun 2020, telah membayarkan klaim atas 4 program BPJamsostek ,yakni program Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp 17.781.378.110, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp 1.110.669.500 dan program Jaminan  Kematian (JKM) sebesar Rp 2.178.000.000 serta pembayaran klaim program JP sebesar Rp 339.733.670.
Wtol
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here