Pelantikan Pengurus PWI dan IKWI Tanbu Periode 2018-2021

0
323

Batulicin – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Bumbu masa bakti 2018-2021 resmi dilantik.
Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Kalimantan Selatan,Ir.Zainal Helmie di Ruang rapat Bersujud Setda Tanah Bumbu,Kamis (28/6) pagi.

Prosesi pelantikan Pengurus PWI Tanah Bumbu ini dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu H.Sudian Noor, sejumlah kepala dinas ,pejabat vertikal dan para tamu undangan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Selatan,Ir Zainal Helmie dalam sambutannya menyampaikan,wartawan profesional harus memiliki kompetensi jurnalistik, salah satunya melalui Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) sebab UKW merupakan tolak ukur seorang wartawan yang baik dalam bekerja.


Untuk itu dia menghimbau agar wartawan yang belum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan, menyegerakan diri menjadi wartawan yang berkompeten, dikarenakan saat ini Dewan Pers sedang mengkaji mekanisme proses UKW ini, dimana di Tahun 2019 nanti seorang Narasumber berhak menolak seorang wartawan yang belum mengikuti UKW.

Lebih jauh Helmie mengatakan, pers juga mempunyai peran penting dalam mendorong percepatan pembangunan. Oleh karena itu, lanjut dia, wajar jika pers mengkritik, asalkan kritik yang disampaikan pun harus kritik yang membangun.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat kepada Pengurus PWI Tanah bumbu masa bhakti 2018– 2021 semoga amanah yang telah diberikan mampu dijalankan sebaik mungkin,” tutup Helmie.

Helmi juga meminta pers di daerah ini agar bisa tampil didepan memerangi informasi hoax dimasyarakat.

“Insya Allah pada tanggal 6- 9 Juli nanti kita juga akan mengikuti deklarasi wartawan Pancasilais yang akan berlangsung di Jogjakarta,” Helmi

Baca juga : Pengurus PWI Tanah Bumbu Anjangsana Ke Panti Asuhan Permata Hati Batulicin

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor berpesan agar PWI Tanah Bumbu dan rekan rekan pers dapat lebih objektif menilai informasi sesuai dengan Undang Undang Pers, agar bisa menjadi mitra pemerintah yang baik sesuai tupoksi masing masing.

“Pers adalah pilar demokrasi sehingga berita yang di tulis adalah berita yang sejuk dan terkonfirmasi agar tidak ada berita hoax yang dapat memperkeruh suasana,mari kita biasakan budaya tabayyun atau konfirmasi sebelum sebuah informasi menjadi konsumsi publik,pungkas wabup

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Tanah Bumbu periode 2018-2021

(Al/wtol)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here