Pelajar Diberikan Pengetahuan Antisipasi Bencana Dari BPBD Tanbu

0
216
Batulicin,WTOL– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan Diseminasi Kebencanaan bagi pelajar yang dilaksanakan diSMAN 1 Kusan Hilir,Kamis (21/02),
Kegiatan di ikuti 45 pelajar dari MAN Tanah Bumbu dan SMAN 1 Kusan Hilir sendiri.
Diseminasi bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana seperti banjir, angin puting beliung dan gelombang tinggi serta kebakaran hutan dan lahan.
Hadir dalam diseminasi, Kepala Pelaksana BPBD Eryanto Rais beserta jajaran, Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Kusan Hilir Subianto, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanbu, Guru Pendamping dari MAN Tanah Bumbu,
Narasumber dari Gala Agni.
Sebagai perwakilan tuan rumah, Subianto menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh BPBD Tanbu yang menjadikan SMAN 1 sebagai tempat diseminasi. Kesempatan ini dapat memberi pengetahuan tentang kebencanaan.
“Kita tidak tahu kapan bencana akan datang menghampiri. Semoga Tanah Bumbu selalu dihindarkan dari bencana,” harapnya.
Ia berpesan kepada para pelajar yang mengikuti kegiatan agar mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh para narasumber.
“Semoga mampu menjadi ilmu yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain,” ujarnya.
Eryanto Rais dalam materinya menjelaskan tentang fungsi dan peran BPBD dalam pengurangan resiko bencana.
“BPBD memiliki tugas utama dalam pengurangan potensi bencana di daerah. Salah satu upayanya adalah dengan diseminasi kebencanaan seperti saat ini.
Ia juga menjelaskan tupoksi BPBD dalam menghadapi kejadian seperti banjir, kebakaran hutan dan lahan, angin puting beliung, gelombang pasang laut, tanah longsor, kekeringan dan abrasi.
“Kita harus terus meningkatkan kewaspadaan bersama dalam usaha menjadikan Tanah Bumbu daerah minim bencana,” jelasnya.
Saat diseminasi juga dilakukan pre test dan post test sebagai parameter kemampuan peserta. Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauhmana pemahaman peserta sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan.
Rel/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here