Pelajar di Tanbu Tetap Antusias Ikuti FLS2N, KOSN dan OSN Secara Daring

0
124
Foto : Dokumentasi Pembukaan Kegiatan FLS2N, KOSN dan OSN Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu sebelum Pandemi Covid-19
Batulicin – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab Tanah Bumbu,Eka Saprudin optimis pelajar di Tanah Bumbu tetap antusias mengikuti ajang bakat FLS2N, KOSN dan OSN tahun ini meskipun dilaksankan secara Daring.
Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N),Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dan Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2021 dilaksanakan secara daring yang diperuntukkan bagi peserta didik jenjang SD, SMP, atau sederajat di seluruh Indonesia.
“Kompetisi Sains Nasional (KSN) masih menunggu pelaksanaan yang dijadwalkan tanggal 28 September 2021,” terang Kadis melalui kepala Bidang Pendidikan Dasar, Ahmad Faizin,Rabu (22/9/21)
Peserta dari SD diikuti oleh 5 orang siswa, dengan rincian Matematika 2 orang dan IPA 3 orang, sedangkan peserta SMP ada 61 siswa yakni Matematika 20 orang, IPA 20 orang dan IPS 21 orang siswa.
Pelajar Tanah Bumbu sendiri pada ajang FLS2N untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ini mengikutsertakan cabang tari dan nyanyi solo.
Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yakni nyanyi solo, musik tradisional, seni tari dan design poster. Dimana hasil kompetisinya perwakilan Tanah Bumbu belum masuk nominasi.
“Kompetisi FLS2N sudah dilaksanakan pada Agustus lalu, yang dilakukan secara daring yakni dalam bentuk video, namun hal tersebut tetap dilakukan monitoring, yang mana seleksinya langsung ditetapkan oleh pusat,” tambahnya
Selanjutnya pada KOSN di tingkat SMP, Tanah Bumbu memiliki peserta yakni karate dan seni silat yang juga dilaksanakan pada Agustus 2021 yang lalu.
Sementara SD sementara tanggal 14 sampai 15 September 2021 telah dilaksanakan untuk tingkat SMP, namun saat ini masih menunggu pengumuman.
Dikatakan Faizin, Kompetisi Sains Nasional di tingkat SD melombakan mata pelajaran Matematika dan sains, sedangkan di tingkat SMP berupa mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS.
Adapun seleksi berlansung secara daring, dilakukan monitoring suasana saat mengerjakan menggunakan laptop untuk menghindari bantuan dari sekitar.
Tanah Bumbu selalu masuk nominasi baik di tingkat provinsi maupun nasional, tetapi di tengah kondisi yang seperti sekarang, untuk mengikuti kompetisi saja sudah bersyukur karena selama daring, pembinaan yang diberikan terbilang sulit.
Namun dirinya tetap optimis, untuk pelaksanaan jadwal kompetisi KSN perwakilan pelajar Tanah Bumbu akan masuk nominasi seperti tahun-tahun sebelumnya.
Kegiatan  FLS2N, KOSN dan OSN  merupakan wadah menampung segala bentuk kreativitas, inovasi, sekaligus sarana penyaluran bakat yang dimiliki siswa di bidang seni, serta memberikan kesempatan agar tetap dapat berkarya mengukir prestasi di tengah pandemi.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here