Pawahisah Sebut Indikator Kab/Kota Sehat Tanbu Tercapai

0
114
Batulicin – Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tanah Bumbu, Pawahisah Mahabbatan menyebut cita-cita mewujudkan Tanah Bumbu sebagai Kabupaten Kota Sehat (KKS) sudah mulai membuahkan hasil.
Keberhasilan tersebut terlihat dari perubahan perilaku kurang sehat sebagian masyarakat di Kecamatan Kusan Hilir yang biasa membuang kotoran di pesisir pantai kini perlahan telah berubah. Kebiasaan itu dinilai dapat mengganggu wisatawan yang berkunjung.
“Maka dari itu melalui ODF inilah pemerintah menyalurkan bantuan sanitasi berupa WC,” terang pawa dalam Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting (KP2S) dan Kabupaten Kota Sehat (KKS) sekaligus deklarasi desa ODF di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Kamis (30/12/21).
Lebih jauh dikatakan, sesuai arahan Bupati Tanah Bumbu agar semua kegiatan di pesisir berjalan dengan baik dan aman sebagaimana yang dilakukannya selama ini, yakni berenang di Pantai Pagatan.
“Hal ini adalah bukti bahwa pencemaran lingkungan di daerah Pesisir Pantai Pagatan sudah bisa diatasi,” imbuhnya.
Pencapaian tersebut tak terlepas dari dukungan komitmen yang disampaikan melalui deklarasi 42 desa.
Demikian juga kontribusi seluruh SKPD, Ketua TP PKK baik Kabupaten maupun Kecamatan, Bappeda, Dinas Kesehatan dan forum KKS sendiri.
“Hal ini dilakukan untuk mewujudkan cita-cita Kabupaten Tanah Bumbu yakni menuju Kabupaten Kota Sehat (KKS),” tandasnya.
Untuk meraih sebuah penghargaan tertinggi, menurut Pawa, penting melakukan komitmen melalui deklarasi karena tidak hanya konkrit yang perlu dilakukan di lapangan sesuai dengan visi misi Bupati dengan menebar wc untuk masyarakat.
Namun melalui kegiatan inilah sebagai salah satu wujud administrasi yang harus dilakukan dengan konsekuensi seluruh kepala desa akan berkomitmen dengan diselenggarakannya kegiatan ini. (Ds/zd/wtol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here