Pastikan BLT-DD Tepat Sasaran, Camat Kuranji Dampingi Penyaluran Bantuan

0
73
Batulicin,WTol – Dua desa di Kecamatan Kuranji, yakni Desa Indraloka Jaya dan Desa Kuranji merealisasikan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), bagi warganya,selasa(19/05/20).
Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari APBDes Perubahan TA 2020 bersumber dari Dana Desa (Transfer APBN) ini sesuai dengan rencana akan dibayarkan selama tiga bulan kedepan, yakni bulan April s/d Juni 2020.
Untuk teknis pembagian BLT-DD, tetap mengacu pada protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19, yang disampaikan pada saat lounching perdana pembagian BLT-DD di Desa Ringkit satu hari sebelumnya.
Pelaksanaan pembagian/penyaluran BLT-DD ini dilaksanakan secara door to door.
Kepala Desa Indraloka Jaya, Suwoyo Adi Saputro beserta Anggota BPD, Kepala Dusun dan Tim Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Lokal Desa.
Untuk memastikan pembagian BLT-DD tetap sasaran, Camat Kuranji, Samsir, SE. M.P dan Ketua TP PKK Kecamatan, Ny. Hardianti Samsir beserta jajaran Tim Kecamatan, didampingi langsung oleh Kapolsek Kuranji, Iptu Winarto, S.Sos beserta anggota dan Danpos Kuranji yang diwakili oleh Sertu Heri Susanto, turut serta secara langsung bergerak dari satu rumah sasaran ke rumah sasaran lainnya.
“Setiap masyarakat yang tercatat sebagai penerima BLT-DD akan menerima uang tunai sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) setiap bulannya,”terang Samsir, Camat Kuranji.
Sebanyak 96 rumah tangga sasaran akan menerima penyaluran BLT-DD pada hari ini, yakni 61 penerima manfaat di Desa Indraloka Jaya dan 35 penerima manfaat di Desa Kuranji.
Mekanisme yang sudah disepakati adalah, sebelum penyaluran BLT-DD diberikan kepada keluarga yang bersangkutan, pemerintah desa melalui timnya telah memasang sticker pada masing-masing rumah sasaran penerima manfaat.
Pemasangan sticker ini dimaksudkan agar sasaran penerima manfaat dapat dipantau dan diawasi oleh semua pihak, bahwa yang bersangkutan adalah RTS yang berhak menerima BLT-DD karena mereka tidak terdata pada Data PKH, BTS, BPNT ataupun bantuan lainnya dari Kemensos.
Diterima oleh Kepala Desa Kuranji, Bahtiar dan jajaran perangkat desanya, tim langsung bergerak menujuh rumah-rumah tangga sasaran untuk menyerahkan dan menyaksikan pembagian BLT-DD bagi warga Desa Kuranji.
Dalam sebuah kesempatan Camat Kuranji, Samsir menjelaskan bahwa meskipun anggaran belanja desa sebagian terpotong untuk penanggulangan Covid-19 dan pembayaran BLT kepada masyarakat terdampak, namu kegiatan fisik dan non fisik yang sudah teranggarkan dan masih tersisa anggarannya, hendaknya tetap harus dijalankan sesuai dengan anggaran dan mekanisme pelaksanaannya.
Artinya, anggaran desa yang tersisa setelah digunakan untuk membayarkan program BLT-DD ke masyarakat, tetap digunakan untuk pembangunan fisik yang sudah direncanakan.
“Tetap jalan, sisa anggaran dari pembayaran BLT-DD bisa digunakan untuk membangun fisik. Asalkan dana yang tersisa tersebut cukup untuk mendanai kegiatan yang akan dikerjakan dan harus dibarengi dengan Per-Kades.
Pada prinsipnya, kemampuan desa kita utamakan untuk menyikapi dampak yang ditimbulkan oleh wabah Covid-19,” jelas Samsir.
“Semua dapat berjalan dengan baik berkat sinergi antara seluruh pihak terkait di Kabupaten, Kecamatan hingga Desa. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan memotivasi untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan pasca pandemic Covid-19 ini,” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here