Pasca Banjir Kalsel,PT BIB Peduli Bangun Saluran Air Bersih Dan MCK Di Desa Baru Waki HST

0
264
Barabai,wartatanbu.co.id – PT Borneo Indobara (BIB) yang bernaung di bawah Sinarmas Mining melaksanakan aksi peduli kemanusiaan dengan membuat  saluran air bersih dan MCK di Desa Baru Waki Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).
Pasca banjir, warga di Desa Baru, Wake HST kesulitan mendapatkan air bersih akibat banjir yang menyapu rumah dan instalasi pipa air utama di wilayah itu.
“Sebagai bentuk kepedulian dan tanggap darurat, Sinarmas Mining dibantu sejumlah pihak mewujudkan pembuatan saluran air bersih dengan menyalurkan air dari desa Batu Tunggal dengan memasang dua line pipa yang membentang diatas sungai selebar 70 meter,” jelas Lington selaku Dept Head External PT Borneo Indobara.
Menurut Lington, krisis air bersih di Desa Baru Waki yang merupakan salah satu paling terdampak banjir di Kecamatan Batu Benawa ini, membuat PT Borneo Indobara (BIB) dan terpanggil untuk membantu mengurangi permasalahan warga.
Tak hanya mengalirkan air bersih ke dua desa tersebut,lanjutnya, Sinarmas Mining PT Borneo Indobara juga membuat dua bilik Mandi Cuci Kakus (MCK) bagi warga terdampak.
“Banyak rumah warga yang rusak dan sudah tidak ada MCKnya,” tambah Lington.
Sebelumnya, banjir di Kalimantan Selatana telah mengakibatkan ratusan rumah rusak parah hingga rata dengan tanah,bahkan sebagian ada yang hilang terbawa arus banjir.
Pembangunan saluran air bersih dilakukan dengan memasang pipa dimulai dari membuat bronjong di tepi sungai yang dilanjutkan dengan pemasangan pipa besi sebagai penyanggah pipa, dan memasang bentangan sling sepanjang 100 meter untuk tempat menggantungkan dua line pipa air tiga inch.
Menariknya, dalam pengerjaannya Sinarmas Mining, PT Borneo Indobara bersama masyarakat setempat berpartisipasi secara kelompok, bergiliran bahkan dengan melakukan kerja lembur agar hasilnya cepat dirasakan oleh masyarakat penerima manfaat Desa Baru Waki.
Antusias warga juga terlihat membantu pengerjaan bahkan warga menunjukkan kontribusinya dengan mengatur jadwal kerja secara bergiliran. 
Sebagian warga yang dikoordinir eks kepala Desa Baru Waki, Muhammad Arsyad dan eks pengurus Pamsimas Desa dan saat ini menjabat sebagai Ketua BPD terpilih Desa Baru Waki mengajak untuk meminta bantuan dari Dinas PUPR Hulu Sungai Tengah untuk menyediakan kawat bronjong.Sementara desa menyediakan pasir dan batu sebagai bentuk swadaya.
“Pengaturan tahapan pekerjaan diatur oleh anggota Bhabinkamtibmas Polres HST Aiptu Nanang Purnomo, dan  CSR PT BIB, Wahyudi, begitu juga untuk pemasangan pipa saluran air bersih juga dikoordinir langsung oleh Kapolres dan saya sendiri,” jelas R Lington.
Sedangkan untuk pemasangan gantungan pipa dan pipa ke bentangan sling di atas sungai dilakukan oleh professiol dari Tim Vertical Reaque.
Adapun pengadaan material untuk pemasangan saluran air bersih antara lain berupa 2 line pipa High Density Polyethylene (HDPE) ukuran 3 inch, sling baja untuk 2 line, tali temali, gantung pipa/water mur, hingga semen jelas Lington dilakukan oleh PT Borneo Indobara.
” Harapan kita, masyarakat cepat pulih dengan tersedianya air bersih dan bilik MCK dapat membantu masyarakat Desa Baru yang terkena banjir akan sangat terbantu banjir kebuthan air bersih dan tempat untuk MCK,”tambah Lington
Pihaknya memastikan,air yang telah dialirkan ini telah memenuhi persyaratan untuk kebutuhan sehari-hari untuk memasak, cuci dan diharapkan untuk mendukung kesehatan masyarakat di Desa Baru Waki.
“Mudah mudahan  apa yang telah disampaikan kepada masyarakat ini dapat dirawat dengan baik,” ujarnya.
Pihak Sinarmas Mining PT Borneo Indobara mengucapkan terima kasih kepada pihak yang turut dalam mewujudkan penbuatan air bersih ini, antara lain seperti masyarakat Desa Baru yang begitu bersemangat, Pamsimas HST, PUPR, PLN, pihak kepolisian Polres HST /Polsek Batu Benawa, Perusahaan Air Minum Daerah.

Sebelumnya di awal terjadinya bencana banjir di kalsel PT BIB External,CSR,ERT turun membantu dengan mendistribusikan sembako untuk dapur umum, melaukakn evakuasi dan juga bantuan obat-obatan.di 23 Desa yang terdampak.
Tak hanya di Kalimantan Selatan, peduli kemanusiaan juga ditunjukkan oleh PT BIB saat terjadinya bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dengan menurunkan team ERT membantu di lokasi bencana.
*Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here