Olah Sampah Ramah Lingkungan, DLH Tanbu Tambah 7 TPS3R

0
99
Batulicin – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya meningkatkan pengelolaan sampah yang baik, efisien dan ramah lingkungan.
Untuk mewujudkan hal itu, DLH membangun tujuh Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) yang tersebar di Kecamatan di Tanah Bumbu.
Konsep TPS3R sendiri merupakan teknik pemilahan sampah untuk dikelola kembali di tempat pengelolaan sampah pada masing – masing daerah.
“Tiap kecamatan cukup dibangunkan satu TPS3R di tempat yang telah ditentukan,” terang Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti
Ada beberapa lokasi pembangunan TPS3R yang tersebar dibeberpa kecamatan, seperti TPS3R Mutiara Bersujud ini yang berlokasi di Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban.
Pembangunan TPS3R Bersahaja di Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin juga akan dibangunkan dan kini masih dalam proses pengusulan.
Di Kecamatan Simpang Empat ini sudah berdiri TPS3R Bina Banua tepatnya di Desa Barokah dan di Kecamatan Angsana tepatnya di Desa Karang Indah berdiri TPS3R Karya Bersama.
Selanjutnya di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat juga terdapat TPS3R Mapesa, Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Tengah ada TPS3R Ar-Rahmah, dan Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir telah berdiri TPS3R Sirenreng.
Dengan adanya TPS3R di tiap daerah ini, diharapkan pengelolaan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu dapat teratasi dengan baik sehingga mewujudkan lingkungan yang bersih dan aman. (Zd/rsb).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here