Motor Jarang Dipakai, Perlukah Ganti Oli Mesin?

0
237
Penggantian oli merupakan aktivitas yang perlu dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan, tak terkecuali sepeda motor. Selain memberikan mesin yang lebih nyaman saat dikendarai, penggunaan oli baru juga mencegah mesin motor jadi cepat rusak.
Namun masih banyak ditemui sejumlah pengendara sepeda motor yang malas mengganti oli pada waktu yang tepat. Sehingga dampaknya mesin motor akan menjadi cepat panas dan tarikan jadi tidak optimal.
Lalu bagaimana waktu yang tepat untuk mengganti oli sepeda motor?
Dikutip dari laman Suzuki, pengendara motor disarankan untuk mengganti oli motor setelah menempuh jarak 2.500 sampai 3.000 km atau bisa mengikuti buku panduan.
Namun untuk motor yang jarang digunakan, meskipun belum mencapai jarak hingga 2.500 km tetapi ada baiknya untuk tetap mengganti oli dengan yang baru. Soalnya setelah oli masuk ke dalam mesin, oli akan bercampur dengan komponen mesin lainnya. Bahkan bisa jadi diantaranya adalah berupa kerak, bubuk gram dan bahan lainnya.
Tetapi yang jadi pembeda, jika motor sering digunakan untuk beraktivitas ditentukan oleh jarak yang sudah ditempuh, maka motor yang jarang dikendarai tetap perlu diganti olinya sekitar 6 sampai 12 bulan.
Meskipun jarang digunakan, bukan berarti motor dibiarkan begitu saja ya. Justru motor yang jarang dipakai lebih mudah rusak daripada motor yang sering digunakan, tetapi dirawat secara teratur.
Bagi Anda yang ingin berkendara dengan sepeda motor setelah disimpan di garasi dalam waktu lama, jangan lupa untuk panaskan motor terlebih dahulu.
Caranya cukup mudah, hidupkan mesin motor dengan menggunakan kick starter untuk mengurangi beban pada dinamo starter. Setelah berhasil menyala, biarkan mesin dalam kondisi menyala selama kurang lebih satu sampai dua jam.
Sedikit informasi, jika Anda memiliki sepeda motor dan jarang dipakai usahakan untuk menyimpan motor pada tempat yang kering, menggunakan standar ganda dan menguras tangki bensin agar lebih aman.
Selain itu bersihkan juga motor secara berkala, minimal dengan menggunakan kain lap kering dan lembut agar tidak menimbulkan goresan halus pada motor Anda.
*Detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here