Mengenang Sosok Pangeran Antasari,”Haram menyerah, waja sampai ka puting.”

0
191

Siapakah pahlawan Nasional dari Kalimantan Selatan? Menurut beberapa literatur yang ada, Pangeran Antasari lahir di Kayutangi pada tahun 1797 atau 1809

Pangeran Antasari lahir di keluarga Kesultanan Banjar, sehingga otomatis beliau adalah keturunan berdarah biru. Pada tanggal 14 Maret 1862, beliau dinobatkan sebagai pimpinan tertinggi bagi Suku Banjar dengan gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin. Walaupun lahir dalam keluarga ningrat,

Pangeran Antasari merasa tergugah dengan kondisi masyarakat Banjar yang kala itu dijajah oleh Belanda. Hal ini tak lepas, karena Pangeran Antasari hidup dan dibesarkan dengan masyarakat biasa di Antasan Senor, Martapura. Melihat masyarakat yang serba kekurangan dan disakiti oleh kekejaman kolonial, Pangeran Antasari tergerak hatinya untuk terjun langsung membantu rakyat.

Selain prihatin dengan kondisi masyarakat, Pangeran Antasari juga trenyuh dengan kesultanan Banjar yang kala itu selalu dicampur-tangani oleh Pemerintah Belanda.

SilsiLah Pangeran Antasari : Seperti dilansir dari Wikipedia,silsilah keluarga dari Pangeran Antasari. Dapat dilihat bahwa Pangeran Antasari memang lahir dalam keluarga Kerajaan tulen.

Tingkat kasta dalam wilayah Kesultanan Banjar:
1)Sultan : penguasa kerajaan Banjar
2)Pangeran : anak dari Sultan. Kelak, jika dirinya diangkat menjadi raja, juga diberi gelar Sultan
3)Antung : keturunan keluarga kerajaan Banjar
4)Gusti : keturunan keluarga kerajaan Banjar. Baik nama Antung maupun Gusti masih sering ditemukan di pulau Kalimantan, yang menandakan empunya nama masih mempunyai pertalian nasab dengan keluarga kerajaan Banjar.

Walaupun lahir dalam keluarga Kerajaan, tapi Pangeran Antasari masih sempat memikirkan rakyat kecil yang ada di sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here