Melirik Budidaya Lebah Madu Kelulut Dari Desa Betung,Tanah Bumbu

0
306

Batulicin,WTOL – Budidaya lebah madu kelulut masih memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di Tanah Bumbu

Selain aman karena bisa di budidayakan dipekarangan rumah,perawatan peternakan lebah madu tersebut juga terbilang mudah.

Di Tanah Bumbu, pembudidaya lebah madu kelulut masih belum terlalu banyak.Satu di antaranya adalah Muhammad Ideris,Pria 33 tahun ini sudah dua tahun terakhir beternak lebah madu kelulut.

” Dalam sekali panen bisa menghasilkan rata rata 5 liter madu, panen biasanya dilakukan sebulan sekali,”ujarnya

Bagi Muhammad ideris, beternak lebah ini,cukup menyediakan wadah yang menjadi sarang lebah madu kelulut dan dibuatkan sebagai tempat kelulut mengembangbiakan koloninya.

Menurutnya,kemudahan bididaya kelulut ini,peternak tidak harus menyiapkan pakan setiap hari

“Cukup disiapkan sumber pakannya,maka kelulut akan mencari makananya sendiri,”kata Muhammad Ideris,saat ditemui di stand madu kelulutnya pada pameran Batulicin Expo 2018 di Taman edukasi batulicin,(16/9)

Salah satu sumber pakan beternak lebah kelulut ini adalah tanaman air mata pengantin. Tanaman ini menjadi kesukaan lebah kelulut untuk mendapatkan madu bunganya.

Untuk khasiat,Idris mengatakan,khasiat madu kelulut ini diyakini mampu mengobati beberapa macam penyakit,seperti Asma,gula darah,asam lambung,kolesterol dan beberapa penyakit lainnya

” Rasanya memang agak asam, itu karena dalam satu wadah bisa menghasilkan berbagai macam rasa madu,Alhamdulillah saya sendiri pernah terkena migrain, setelah mengkonsumsi madu kelulut secara rutin migrain saya berangsur hilang,pungkasnya

Al/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here