Melek Teknologi Digital,Dispersip Tanbu Gelar Lomba Video Baca Puisi

0
121
Foto Ilustrasi : Peserta membacakan puisi perjuangan
Batulicin – Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat dan pelajar melalui pemanfaatan teknologi digital,Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar lomba baca puisi dalam bentuk video.
Lomba terdiri dari kategori umum dan pelajar. Untuk kategori pelajar sendiri jenjang pendidikan SMP dan SMA sederajat.
Ketua panitia pelaksana yang juga Kepala Bidang Pengembangan Minat Baca Masyarakat Dispersip Tanah Bumbu, Nur Rochmah, menjelaskan lomba baca puisi ini melalui rekaman video ini bertujuan untuk mengenalkan dan memanfaatkan tehnologi digital yang berkembang saat ini.
“Melalui lomba ini akan memberikan motivasi juga melahirkan karya dalam bentuk konten-konten positif yang memiliki nilai perjuangan, kebangsaan dan kepahlawanan,”ujarnya belum lama tadi.
Dikatakan,kegiatan dikemas sekreatif mungkin untuk memberikan ruang berekspresi bagi masyarakat dan pelajar di Bumi Bersujud.
Bagi peserta kategori pelajar wajib membacakan salah satu puisi bertema pemuda, perjuangan dan kepahlawanan.
Adapun  bagi peserta kategori umum wajib membacakan hasil karya sastrawan atau penyair Tanah Bumbu yang telah dibukukan.

Untuk pendaftaran telah dibuka sejak 15 September sampai dengan 5 Oktober 2021. Sementara untuk penjurian akan dilasanakan pada tanggal 12 Oktober, sedangkan pengumuman nominasi enam peaerta terbaik setiap kategori dilaksanakan pada 13 Oktober 2021.
Babak final akan dipentaskan oleh masing-masing enam orang peserta terbaik pada dua kategori tersebut untuk diselenggarakan secara tatap muka di Studio Mini Layanan Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu pada 19 Oktober 2021 mendatang.
Adapun ketentuan lomba adalah setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu karya dengan durasi maksimal 10 menit dan minimal 5 menit.
Peserta juga harus merepost karya di akun media sosial masing – masing.
Selain itu tema puisi harus sesuai dengan yang telah ditentukan panitia.
Sementara untuk kriteria yang menjadi penilaian antara lain kesesuaian puisi dengan tema lomba, krieatifitas dalam penyajian video, ekspresi, penjiwaan, gesture, serta pantomimik dalam membawakan puisi, artikulasi atau pelafalan dan intonasi atau penekanan dalam membaca puisi.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here