Masjid Apung Pagatan Akan Jadi Spot Wisata Religi Baru di Tanbu

0
323
Batulicin,wartatanbu.co.id – Pembangunan Masjid Apung Ar-Raudhah yang berlokasi di Pantai Pagatan, Kelurahan Kampung Baru,Kusan Hilir diharapkan akan menjadi ikon baru Wisata religi di Kab Tanah Bumbu.
Pembangunan Masjid terapung pertama di Kawasan pantai Pagatan ini ditandai dengan penentuan arah kiblat masjid yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kab Tanah Bumbu bersama pihak terkait,Rabu (30/12/20)
Penentuan arah kiblat pembangunan masjid apung berlantai dua ini dihadiri langsung Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor beserta sejumlah pejabat Pemkab Tanbu,Perwakilan PT Borneo Indo Bara (BIB) selaku pelaksana pembangunan masjid melalui program CSR Perusahaan dan Forkopimda Kecamatan Kusan Hilir.
Dindin Makinudin, selaku Senior Manager CSR & External Relations PT Borneo Indo Bara (BIB) mengungkapan,pembangunan masjid apung Pagatan merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung juga menselaraskan kegiatan kegiatan program CSR perusahaan dengan program pembangunan pemerintah Kab Tanah Bumbu.
” Tanah Bumbu ini merupakan daerah yang masyarakatnya dikenal religius,juga daerah wisata, sehingga pembangunan masjid ini merupakan penggabungan satu konsep antara wisata,religi sekaligus juga pegembangan ekonomi masyarakat sekitar melalui pemberdayan UMKM,” terangnya
Dindin menambahkan, Masjid apung yang berlokasi tak jauh dari dermaga pagatan itu memiliki ukuran bangunan utama seluas 40×40 meter persegi dan akan dibanguan  dua lantai. Pengerjaannya sendiri diperkirakan akan rampung dalam 2 tahun kedepan.
“Hari ini kita lakukan penentuan arah kiblat,selanjutnya sesuai rencana pada minggu ketiga Januari tahun depan akan dilaksanakan Ground breaking,” terang Dindin kepada Wartatanbu.co.id usai penentuan arah kiblat masjid, Rabu (30/12/20)
Pembangunan masjid apung yang memiliki desain bangunan berkonsep daerah pesisir ini akan dilaksanakan dalam tahun jamak.
” Desainnya diadopsi dari loga Kab Tanah Bumbu, ada perahu dan layarnya. Untuk pembangunannya sendiri tahun jamak dengan anggaran mencapai Rp 23 Miliar,” tambah Dindin.
Ia juga berharap dengan hadirnya Masjid apung Pagatan ini juga nantinya  akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar melalui kegiatan UMKM seiring semakin ramainya pengunjung wisata.
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor menyambut baik segera dibangunnya masjid apung pertama ini. Menurut bupati,ini akan menjadi bagian mewujudkan Kab Tanah Bumbu sebagai kota serambi Madinah.
” Ini akan jadi wisata religi baru di Tanah Bumbu,sesuai dengam motto Tanah Bumbu Bersujud juga cita cita menjadikan Tanah Bumbu sebagai serambi Madinah,”ujar Bupati
Selain wisata religi Bupati juga berharap kawasan ini nantinya akan berkembang kawasan ekonomi dengan tumbuhnya usaha usaha mikro masyarakat sekitar.
” Jadi wisata religiusnya dapat,ekonominya juga dapat,” imbuhnya
Dalam kesempatan itu,Bupati juga menyampaikan keinginannya agar kehadirian masjid apung pagatan ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan keagamaan generasi muda di kawasan ini.
” Konsepnya seperti belajar di alam terbuka,saya ingin nanti di masjid itu ada kegiatan anak anak kita mengaji,menghafalkan Al-qur’an, sehingga nantinya setiap masuk waktu sholat masjid masjid yang ada bukan lagi kaset yang mengaji tapi langsung suara anak anak kita seperti yang ada di daerah daerah lain,” tutup Bupati.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here