Lewat SMS,BPJamsostek Batulicin Verifikasi Rekening Calon Peserta BSU

0
231
Batulicin,WTOL – Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Batulicin, Hazairin Hasan mengatakan,pihaknya memberlakukan validasi berlapis terhadap data rekening yang telah dimasukkan oleh perusahaan/instansi terkait peserta calon penerima BSU.
Berdasarkan data peserta yang terdaftar di BPJamsostek Cabang Batulicin yang telah menyampaikan nomor rekening sebagai calon penerima BSU sebanyak 53.930 orang.
Dari jumlah tersebut,BPJamsostek telah memvalidasi nomor rekening bank sebanyak 53.267 yang telah dilaporkan ke pusat.
“Kami mendeteksi adanya peserta yang tidak lagi bekerja dan telah mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT), sehingga tidak dilaporkan oleh pihak perusahaan dalam data nomor rekening calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) lagi,” terangnya belum lama tadi.
Namun,mereka masih tercatat sebagai peserta aktif pada bulan Juni 2020, sehingga berhak untuk mendapatkan BSU sesuai dengan Permenaker No 14/2020.
Untuk itu BPJAMSOSTEK berusaha menghubungi para peserta tersebut secara personal agar dapat melakukan konfirmasi terkait nomor rekeningnya, untuk dapat menjadi calon penerima BSU.
“BPJamsostek meminta peserta yang telah dihubungi melalui SMS untuk segera melakukan konfirmasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor rekening melalui link khusus yang kami sertakan dalam SMS tersebut,” pintanya.
Link yang diberikan bersifat khusus/personal yang hanya dapat diisi oleh yang bersangkutan saja dan tidak bisa diwakilkan oleh peserta lain.
“Bila terjadi kendala dalam pengisian data pada tautan khusus tersebut,peserta dapat menghubungi HRD perusahaan sebelumnya,”tutup Hazairin.
Sebelumnya,pemerintah melalui kemnaker akan meluncurkan bantuan gaji subsidi atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600.000 kepada 2,5 juta pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta.
BPJS Ketenagakerjaan sendiri telah menyerahkan kembali data calon penerima BLT tahap 4 sebanyak 2,8 juta kepada Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (16/9/20)
Sehingga total nomor rekening yang telah di serahkan sebanyak 11,8 juta data nomor rekening.
Menurut Permenaker Nomor 14 Tahun 2020, beberapa syarat calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) Rp 600 ribu adalah:
* Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK);
* Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan;
Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang di laporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan;
* Pekerja/buruh penerima upah;
* Memiliki rekening bank yang aktif;
* Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.
Dengan demikian, bagi calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) Rp 600 ribu segera pastikan terlebih dahulu terdaftar dalam data calon penerima.
Rel/Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here