Legiun Veteran Tanbu Ini Disebut Miliki Tongkat Pemberian Presiden Soekarno

0
510
Tim terdiri dari Bidang Kearsipan Dispersip Tanbu bersama Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan (Kanminvetcad) Kotabaru-Tanah Bumbu dan Anggota Pemuda Panca Marga mengunjungi kediaman anggota legiun veteran tersebut di Desa Sarigadung Kec. Simpang Empat,Senin (28/10/19)
Batulicin,WTol – Untuk memperkaya khazanah arsip daerah dan informasi terkait sejarah perjuangan kemerdekaan RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah (Dispersip) Kab Tanbu tengah melakukan Telusur Arsip Veteran kepada para Anggota Legiun Veteran yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.
Salah satu yang dikunjungi adalah H. Hasan Akhmad, anggota legiun veteran RI yang beralamat di Desa Sarigadung,Kecamatan Simpang Empat.
Tim yang terdiri dari Bidang Kearsipan Dispersip Tanbu bersama Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan (Kanminvetcad) Kotabaru-Tanah Bumbu dan Anggota Pemuda Panca Marga mengunjungi kediaman anggota legiun veteran tersebut di Desa Sarigadung Kec. Simpang Empat,Senin (28/10/19)
“H.Hasan Akhmad ini adalah satu veteran kita yang mendapatkan lencana bintang gerilya,saat ini usia beliau 108 tahun,” ungkap Kadispersip Tanbu,H Ambo Sakka,melalui Kabid Kearsipan,Arif Rahman Hakim di Batulicin.
Baca Juga : Tanamkan Nasionalisme,Dispersip Ajak Pelajar Sadar Arsip Sejarah.
Baca Juga : Sekda Tanbu Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke- 91
Dalam kunjungan ini tim dispersip mendokumentasikan sejumlah penghargaan dan dokumen keanggotaan H Hasan sebagai legiun veteran RI,selain itu di peroleh juga informasi,legiun veteran ini memiliki satu tongkat untuk berjalan yang konon sering digunakan presiden RI pertama, Ir Soekarno.
” Beliau punya 1 tongkat yang menurut penuturan beliau tongkat tersebut pemberian presiden RI pertama Sukarno,”tambah Arif
Menurut Arif,saat ini terdapat 21 orang anggota legiun veteran kemerdekaan yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.
Baca Juga : Sudian Noor : Lulus SD Hafal Juz 30 Bebas Pilih Zonasi.
Baca Juga : Hari Santri Nasional Bupati Serahkan 500 Mushaf Al-Qur an
Ia berharap dengan kegiatan telusur arsip ini akan menambah khazanah arsip daerah dan dapat dihimpun menjadi sebuah cerita sejarah yang akan diwariskan kepada generasi muda dalam rangka meningkatkan dan  menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here