LAZISMU Tanbu Salurkan Logistik Korban Banjir Satui

0
136
Batulicin – Intensitas hujan yang cukup tinggi  sejak 13 Mei 2021 lalu telah mengakibatkan meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Satui yang berdampak terjadinya banjir disejumlah desa di wilayah ini.
Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Tanah Bumbu menyebutkan setidaknya terdapat 3.891 Kepala Keluarga atau sekitar 13.433 jiwa terdampak banjir.
Sebanyak 88 KK atau sekitar 334 Jiwa diantaranya telah diungsikan di 2 lokasi pengungsian. Banjir juga disebut telah mengakibatkan tergenangnya 55 Hektar pertanian siap panen
Beberapa desa di Kecamatan Satui yang mengalami banjir yakni Desa Sinar Bulan,desa Satui Barat,desa Jombang,Satui Timur, Sungai Danau dan Desa Sejahtera Mulia.
Hingga kini sebagian pengungsi masih bertahan di posko pengungsian yang berada di SMPN 4 Satui Desa Sinar Bulan sebanyak 52 KK/186 Jiwa.
Sebagian lagi berada di Gedung Majelis Ta’lim Desai Sungai Danau sebanyak 36 KK/148 Jiwa.Lokasi Poskor Muhammadiyah,Lokasi Posyan Muhammadiyah (Dapur Umum) Koordinator POSKOR Koordinator POSYAN
Bantuan untuk korban banjir Satui hingga kini terus berdatangan dari berbagai pihak.Salah satunya dari Lazismu Tanah Bumbu.
Bersama relawan Muhammadiyah telah berkoordinasi stakeholder/BPBD Tanbu dengan mendirikan Pos Pelayanan Dapur Umum oleh relawan Muhammadiyah.
LAZISMU Tanbu telah menghimpun total dana masuk untuk bencana banjir Satui Rp 37 Juta
Dana tersebut untuk membantu pengadaan logistik warga yang membutuhkan berupa tikar,tenda,selimut,Family Kit,makanan siap saji dan Air bersih.
Perlengkapan wanita dan bayi,perlengkapan sholat dan Bahan Logistik Dapur Umum
Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan juga telah mengirimkan bantuan logistik tahap awal berupa beras, gula, telur, dan minyak goreng.
Untuk membantu penyaluran bantuan dilokasi banjir telah diturunkan 10 relawan dari MDMC Kabupaten Tanah Bumbu dibantu 10 relawan dari MDMC Kabupaten Tanah Laut dan 3 relawan dari MDMC Kabupaten Kotabaru serta 1 relawan dari MDMC Wilayah Kalimantan Selatan juga relawan warga sekitar.
MDMC Wilayah Kalimantan Selatan sebelumnya juga telah mengirimkan 2 unit perahu karet untuk distribusi logistik ke Kabupaten Tanah Laut sejak Jum’at (14/5/21)
Rel
  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here