KPU Tanbu Resmi Tetapkan Zairullah-M Rusli Sebagai Bupati/Wabup Terpilih 2021-2024

0
275
Batulicin,wartatanbu.co.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu resmi menetapkan pasangan Zairullah Azhar dan M Rusli sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu terpilih 2020 dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Gedung Mahligai Bersujud, Sabtu (23/1/21).
Rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Tanbu Makhruri,SE itu dihadiri langsung oleh pasangan dr H Zairullah Azhar – M.Rusli yang didampingi Tim Pemenangan, perwakilan partai pengusung.
Rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati/wakil Bupati terpilih dihadir Pj Sekdakab Tanbu, H Ambo Sakka, Forkopimda Tanbu,Ketua DPRD Tanbu,Ketua Bawaslu Tanbu serta anggota KPU Provonsi Kalsel.
Ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri, SE mengatakan, pasangan dr Zairullah Azhar dan Muh Rusli resmi ditetapkan sebagai bupati/wabup terpilih dengan perolehan 104.234 suara atau 57,54 persen.
“Keputusan KPU Tanah Bumbu menetapkan pasangan dr H Zairullah Azhar dan M Rusli sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu periode 2021-2024,” Ujar Makhruri,
Penetapan tersebut juga berdasarkan surat dari panitera Mahkamah Konstitusi RI No. 165/ PAN.MK/01/2021 tertanggal 20 Januari 2021 perihal keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kota 2021, tidak ada sengketa Pilkada Tanbu.
Selanjutnya,berkas penetapan diserahkan pada calon terpilih, tim pemenangan, perwakilan partai pengusung, dan Bawaslu
Selanjutnya kata Makhruri, pihaknya dalam hal ini KPU akan menyampaikan kepada pemerintah dalam hal ini Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dan Pemprov untuk menindaklanjuti dan mendorong ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).
“Untuk pelantikan domainnya pemda, domainnya Kemendagri. Kalau masa jabatan Bupati-Wabup Tanbu periode 2016-2021 habis tanggal 17 Februari 2021, kalau kita lebih cepat lebih baik kan begitu. Nah, yang jelas pelantikan domain pemerintah. Kalau kita sih melihat sesuai tahapan,” terangnya
Seperti diketahui, dalam Pilkada Tanah Bumbu tahun 2020 lalu diikuti tiga kontestan, yakni Pasangan Syafruddin H Maming-Alpiya Rakhman, pasangan Zairullah Azhar-M Rusli dan pasangan Mila Karmila-Zainal Arifin.
Pasangan Zairullah Azhar dan Muhammad Rusli meraih 104.234 suara dari total suara sah sebanyak 181.149 dan tidak sah sebanyak 4.964 suara.
Total suara yang sah sebanyak 186.113 dari 220.380 DPT. Sementara untuk yang tidak menyalurkan hak pilih ada sebanyak 34.267.
Penetapan pasangan calbup/cawalbup Tanah Bumbu oleh KPU ini disambut baik oleh Bupati terpilih,Zairullah Azhar dirinya mengapresi penyelenggara Pilkada dan seluruh pihak karena semua tahapan Pilkada Tanbu bisa terlaksana dengan aman dan lancar.
Demikian juga situasi politik di Kabupaten Tanah Bumbu juga relatif kondusif hingga saat ini. 
“Terima kasih kepada masyarakat Tanah Bumbu yang telah mengamanahkan kepada saya bersama M Rusli untuk memimpin kembali Kabupaten Tanah Bumbu,Semoga di kepemimpinan ini bisa membawa Kabupaten Tanbu menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here