KPU Sosialisasikan Tahapan Pilkada Tanbu 2020

0
61
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu, Makhruri,SE Foto: Alam/WTol
Batulicin,WTol – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu,menggelar sosialisasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)Tanbu 2020,Selasa (12/11/19) di Gedung Sekretariat PKK Simpang Empat.
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian tahapan dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Tanbu 2020.
Sosialisasi dihadiri sejumlah perwakilan Partai politik,calon perseorangan,Bawaslu Tanbu,Dinas terkait dan Kecamatan,Kelurahan/Desa.Nampak hadir juga mantan Wakil Bupati Tanah Bumbu H Difriadi Darjat
Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu Makhruri,SE mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan sosialisasi tahapan,program dan jadwal pelaksanaan pilkada 2020.
Dalam sosialisasi ini juga disampaikan jadwal Pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil Bupati yakni tanggal 16 – 18 juni 2020.
Baca Juga : Calon Perseorangan Pilkada Tanbu Wajib Kumpulkan 23.699 KTP
Disampaikan juga untuk syarat calon perseorangan minimum yang diserahkan ke KPU Tanah Bumbu berjumlah 23.699 dukungan.
“Itu untuk perseorangan,kalau calon partai politik (parpol) minimal 20 persen, minimal 7 kursi di DPRD,”tambah Mahruri
Penyerahan berkas syarat dukungan Pasangan calon perseorangan akan di mulai tanggal 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020.
Sejumlah persiapan lainnya juga terus dilakukan KPU Tanbu diantaranya untuk target tingkat partisipasi pemilih Pilkada Tanbu 2020
“Untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 salah satunya kita akan mengakurasi data pemilih , selain itu juga akan dilakukan sosialisasi besar besaran dengan melibatkan relawan demokrasi,”imbuhnya
Pemilu serentak 2019 partisipasi pemilih di Kabupaten Tanbu baru mencapai 74 persen, jumlah ini masih dibawah tingkat partisipasi  pemilih secara nasional yang mencapai 78 persen.
” Yang terpenting adalah kita akan bekerjasama dengan kantong kantong pemilih yang mungkin selama ini masih tertutup seperti perusahaan,agar bisa memberikan waktu khusus bagi karyawannya saat pemungutan suara nanti,”tandasnya
Melalui sosialisasi tahapan pelaksaan pilkada Tanbu 2020 ini diharapkan KPU dapat menjalankan tugasnya dengan baik hingga pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Tanbu 2020 pada Rabu 23 September 2020 mendatang.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here