Keutamaan Surat Al-Kahfi di Malam Jum’at

0
165
Malam Jum’at merupakan salah satu malam yang penuh berkah, di mana malam itu sebaiknya dianjurkan untuk melakukan amal-amal kebaikan.
Seperti berzikir, salat malam dan tentunya membaca Al-Quran.
Sebagian dari kita mungkin di malam jumat selalu membaca surah Yasin, yang katanya dapat mendatangkan pahala bagi kita dan juga sebagai pengantar doa kepada saudara kita yang telah tiada.
Namun, ada salah satu keuatamaan lain di malam Jumat yang justru keutamaannya lebih baik dan mungkin sebagian masih belum tahu. Yaitu membaca surat Al-Kahfi.
Membaca Al-Quran surat Al-Kahfi di malam Jumat memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan. Hal tersebut telah disampaikan di dalam hadist. Dari Abu Said al-Khudri, bahwasanya Rasulullah Saw bersabda:
Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah. (HR. ad-Darimi  3470 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)
Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda:
Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat. (HR. Hakim 6169, Baihaqi  635, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, no. 6470).
Hal ini dijelaskan pula oleh seorang ulama.
Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam kitab Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca Surat Al Kahfi.
Bahkan, karena kuatnya pengaruh cahaya yang Allah berikan, orang yang memperhatikan surat Al-Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal. Dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Siapa yang menghafal 10 ayat pertama surat Al-Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal. (HR. Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya).
Sebenarnya membaca surat Al-Kahfi boleh di waktu kapan saja. Akan tetapi, membacanya di waktu ketika hari jumat tiba (malam jumat) hingga berakhirnya hari jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan khusus, diantaranya:
1. Menghindari diri dari fitnah Dajjal
Seperti pada hadist di atas, bahwasanya Rasululullah bersabda:
Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.(HR. Abu Bakr bin Mardawaih).
Kita ketahui bahwasanya Dajjal merupakan tanda-tanda dari datangnya hari kiamat. Dan fitnah Dajjal sangatlah kejam serta dapat membawa kita kepada kesesatan dan masuk ke dalam penghuni neraka.
Akan tetapi, jika kita rutin membaca surat Al-Kahfi, maka akan bisa mencegah kita dalam jebakan fitnah Dajjal.
2. Mendapatkan Ridho dari Allah Swt dan Diterangi Cahaya
Membaca Surat Al Kahfi dapat mendekatkan kita pada ridho Allah dan mendapatkan cahaya keberkahan dari ujung rambut hingga ujung kaki.
Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda:
Siapa yang membaca Surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.(HR Ahmad).
Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq. (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)
3. Diampuni dosanya oleh Allah SWT
Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda bahwa
Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat. (HR. Abu Bakar dan Mardawaih).
Itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat. Semoga senantiasa kita selalu istiqomah dalam melakukan amal kebaikan.
*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here