Ketua IBI Kalsel : Bidan di Tanah Bumbu Dituntut Kuasai Teknologi Aplikasi

0
252
Batulicin – Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kalimantan Selatan, Hj Supri Nuryani mengingatkan bidan harus mampu menggunakan teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Hal itu disampaikan Supri Nuryani mengutip pesan Ketua Umum Pengurus Pusat IBI Emi Nurjasmi,saat membuka rapat kerja cabang (Rakercab) ke-7 di Batulicin, Minggu (19/3/2023).
“Bidan harus kuasai teknologi,karena kedepannya pekerjaan menggunakan aplikasi,”singkatnya.
Dikatakan,transformasi digital tersebut sesuai dengan tema tahun ini yaitu menyongsong era digital dan globalisasi.
Dalam kesempatan itu pula, ia mengatakan menurut Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan menyatakan bahwa pada tahun 2026 seluruh bidan yang melakukan praktik kebidanan secara mandiri wajib menempuh pendidikan profesi bidan.
“Kepada pemerintah daerah diharapkan dapat memberikan beasiswa kepada para bidan untuk menempuh pendidikan. Kebersamaan antara bidan dan pemerintah daerah ini harus sinergis, karena bidan memiliki peran yang multi fungsi yaitu tidak hanya menolong ibu yang melahirkan tetapi juga menolong bayi yang dilahirkan,” ungkapnya.
Ia juga mengingatkan agar bidan bekerja dengan profesional dan tidak melewati batas kewenangannya. Bekerjalah dengan baik dan menerima perubahan paradigma di era globalisasi ini.
Terkait Rakercab IBI Tanbu ia mengatakan rakercab ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan dengan tujuan konsolidasi dan pembinaan yang memberikan input yang baik agar perkembangan organisasi IBI menjadi lebih maju.
Rakercab Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengusung tema “Konsolidasi IBI Tanah Bumbu dalam menghadapi era digital dan globalisasi melalui pelayanan kebidanan berkualitas dalam upaya penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), dan stunting”.
Rakercab IBI dilaksanakan sebagai forum untuk mengevaluasi dan menyempurnakan rencana kerja tengah periode kepengurusan, serta menyiapkan usulan untuk kongres yang akan datang. Selain itu, Rakercab juga sebagai konsolidasi dan pembinaan organisasi pada tingkat ranting dan anggota.
“Kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh IBI Tanah Bumbu diantaranya menyalurkan dan membagikan bantuan APD dari PD IBI dan BKKBN ke PMD di Tanbu, mengadakan Muscab dan Musran IBI tahun 2021,” terang Ketua IBI Tanah Bumbu Misnawati dalam laporannya.
Selain itu Misna juga melaporkan IBi Tanbu telah mengikuti Rakernas dan PIT Bidan secara virtual, mengikuti pertemuan pada pengurus daerah, dan aktif menghadiri kegiatan pertemuan GOW.
Tidak hanya itu, kerjasama dengan mitra kerja (Dinkes, BKKBN, TP PKK dan mitra kerja yang tidak mengikat), membuat rekomendasi SIPB,SIK/SIP, mengusulkan pembuatan KTA ke PP, mengirim anggota mengikuti pelatihan MU dan Klinis ke PD, mengusulkan pembuatan STR ke PD, serta menggelar bakti sosial masyarakat.
Tujuan umum dilaksanakanya Rakercab adalah melakukan evaluasi tengah periode kepengurusan cabang. Sedangkan tujuan khususnya terlaksananya penyajian laporan pelaksanaan kegiatan tengah periode kepengurusan cabang IBI dan rekapitulasi laporan pengurus ranting, serta tersusunnya rencana kegiatan yang akan datang dan usulan kongres nantinya. (rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here