Ketua Dekranasda Tanbu Dorong Produk IKM Lebih Menarik dan Sesuai Pasar

0
74
Batulicin – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti mengatakan,Rumah Kemasan dengan konsep lebih ramah lingkungan hadir untuk meningkatkan mutu produk Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi lebih menarik dan sesuai kebutuhan pasar.
Pada peresmian Rumah Kemasan Tanah Bumbu yang berlokasi di Jl. Raya Batulicin, Kecamatan Simpang Empat,Tanah Bumbu.
“Bersyukur sekali Rumah Kemasan ini bisa diresmikan karena ini sangat dibutuhkan para pelaku IKM,” kata Windarti mendampingi bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar saat peresmian belum lama tadi.
Menurutnya Rumah Kemasan terbuka untuk siapapun yang ingin mengembangkan usahanya. Tak hanya untuk pengemasan produk kuliner, tetapi juga pembuatan kemasan produk lainnya.
Sebab menurutnya,kemasan yang baik berpengaruh besar pada minat pembeli sehingga berdampak pada omzet penjualan.
“Bila kemasannya baik, maka akan menambah nilai produk mereka,” ucapnya.
Pelaku IKM, selain dibantu dibuatkan kemasan yang lebih baik secara gratis, bisa berkonsultasi terkait pemasaran produk dengan para ahli yang ada di Rumah Kemasan.
Harus diakui, tak sedikit asosiasi maupun pelaku IKM yang masih kesulitan melakukan terobosan dalam memperkenalkan produknya.
“Selera pasar yang dinamis menuntut pelaku IKM untuk selalu berinovasi. Melalui rumah kemasan ini kita akan terus berupaya membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka,” imbuhya.
Untuk itu ia meminta dukungan pemerintah daerah mendorong eksistensi Tenun Pagatan sebagai salah satu ikon daerah.
Salah satunya ia meminta Bupati bisa mengintruksikan kepada SKPD agar mengenakan pakaian dari tenun Pagatan termasuk di sekolah sekolah.
“Perlu adanya regulasi yang mengatur setiap pegawai maupun anak sekolah diwajibkan untuk memakai khas tenun Tanah Bumbu,” tambahnya.
“Kemudian saran kepada pengrajin, agar memberdayakan kepada anak putus sekolah di pelosok desa dan Alhamdulillah banyak yang mau dan dibantu oleh pihak Arutmin,”ujar Windarti.
Terkait pembinaan para perajin tenun Tanah Bumbu, pihak DKUM2 tidak hanya akan memberikan pembinaan perajin di Pagatan saja, namun juga akan melakukan pembinaan ke tiap Kecamatan.
Salah satunya dengan pelibatan anak anak putus sekolah agar dilatih dalam membuat kain tenun Tanah Bumbu. (Wtol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here