Kerjasama Pro Emergency,RSUD dr.H Andi Abdurrahman Noor Gelar Pelatihan BT-CLS dan Triage IGD

0
156
Batulicin,Wartatanbu.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.H Andi Abdurrahaman Noor (dhaan)  Kabupaten Tanah Bumbu kembali menggelar pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BT-CLS) dan Triage Instalasi Gawat Darurat (IGD) bagi tenaga kesehatan Rumah Sakit.
Ketua Panitia Pelatihan Triage IGD dan BT-CLS,Abd Rasyid menjelaskan, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 21 -24 Oktober 2020 di Ruang Pertemuan Lantai 2 RSUD dr H A Abdrahman Noor Tanah Bumbu.
Kegiatan diikuti 83 peserta diantaranya tenaga kesehatan, seperti perawat,dokter dan bidan.
Ia merinci untuk peserta BTCLS diikuti  43 peserta sedangkan Triage IGD diikuti 40 peserta.
Para peserta mendapatkan materi teori serta praktik dari tim ahli Pro Emergency.
Ia menjelaskan, pelatihan BTCLS ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para tenaga medis, terutama dalam menangani pasien yang membutuhkan perawatan kegawatdaruratan untuk kemudian diaplikasikan sesuai tugas dilapangan.
Hal ini juga sesuai dengan tuntutan masyarakat agar tenaga medis atau perawat bisa lebih profesional.
Sementara itu,Direktur RSUD dr H A Abdrahman Noor Tanah Bumbu, dr. H. Syaifullah, Sp.PD mengatakan,pelatihan selain untuk meningkatkan dan mempertahankan kemampuan tenaga kesehatan baik perawat dan bidan terkait ketrampilan tentang BTCLS sebagai kompetensi dasar.
“Sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan terhadap pasien,dimana sumber daya manusia baik perawat dokter maupun bidan secara berkala terus dilakukan penyegaran kemampuan mereka utamanya yang menyangkut kegawatdaruratan,”ujarnya
Peningkatan kompetensi kegawatdaruratan untuk perawat dan tenaga medis lainnya juga bertujuan guna mendukung layanan unggulan Rumah Sakit.
Ia menilai,kemampuan penanganan pasien yang benar sejak awal akan sangat menentukan penanganan pasien selanjutnya.Pemberian bantuan hidup dasar pada waktu dan cara yang tepat akan mengurangi angka kematian maupun kecacatan.
Dalam pelatihan ini diselingi dengan games oleh instruktur guna memberi semangat kepada peserta sehingga tidak jenuh.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here