Keimigrasian Batulicin Sampaikan Aturan Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia,sesuai Perpres RI No.20 Tahun 2018.

0
149

Tanah Bumbu – Sosialisasi Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres RI) No.20 Tahun 2018 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing ini dihadiri perwakilan dari sejumlah perusahaan, Aparat kecamatan, dinas terkait di Kabupaten Tanah Bumbu dan kepolisian,berlangsung di kantor Imigrasi Kelas II Batulicin,Selasa (26/7)

Sosialisasi menghadirkan Narasumber dari Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Ham (KemenkumHam) , Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Hukum dan HAM RI Provinsi kalimantan Selatan, Dodi Karnida Halilintar Atmaja.

“Perpres No.20 Tahun 2018 ini akan diberlakukan mulai 29 Juni 2018,dimana Peraturan penggunaan tenaga kerja asing yang ada sekarang di laksanakan masing-masing instansi,jelasnya.

Dodi menambahkan,Perpres ini merupakan penyederhanaan dari aturan penggunaan tenaga kerja asing yang selama ini diatur oleh masing-masing instansi seperti Imigrasi, Kementerian Ketenagakerjaan dan instansi teknis lainnya. Perpres ini sangat berkaitan  indeks investasi daya saing Indonesia dengan negara lain yang berada di peringkat 72 dari 90 negara.

“Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura yang berada di peringkat dua, dan Malaysia di peringkat 24.kita masih jauh tertinggal. Oleh sebab itu untuk meningkatkan indeks investasi maka pemerintah melakukan penyederhanaan malalui Perpres, yang harus dilaksananakan oleh semua instansi yang menggunakan tenaga kerja asing.

Dalam Perpres ini diatur diantaranya penggunaan tenaga kerja asing hanya untuk tenaga ahli yang memiliki skil tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi terkait untuk dipekerjakan di Indonesia.

“Oleh karena itu kami meminta kepada seluruh instansi yang menggunakan tenaga kerja asing untuk mengikuti Perpres No.20 Tahun 2018 yang sudah ditetapkan,” kata Dodi.

Keimigrasian Kalimantan Selatan mencatat hingga saat ini tenaga kerja asing mencapai 300 orang , pemegang izin tinggal ,kunjungan yang terdaftar di Kantor Imigrasi Banjarmasin maupun Imigrasi Batulicin.

Terkait pengawasan tenaga kerja orang asing, Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Kantor Imigrasi Batulicin 2018 ini telah mendeportasi,  tiga orang warga Republik Rakyat Tiongkok(RRT) , satu orang warga negara Malaysia yang malakukan penyalahgunaan izin tinggal keimigrasian. (wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here