Kampung Nelayan Angsana Berpotensi Jadi Desa Wisata

0
113
Batulicin – Kampung nelayan yang merupakan pemukiman transmigrasi di Kecamatan Angsana sangat berpotensi menjadi salah satu desa wisata di Kab Tanah Bumbu.
Potensi menjadi desa wisata ini telah didukung  infrastruktur maupun geliat ekonomi masyarakat lokal.
Pembinaan ekonomi mikro warga setempat juga terus dilakukan baik Disnakertrankop dan UM Tanah Bumbu maupun Pemprov Kalsel.
“Prosesnya masih dalam tahap usulan,karena hal ini membutuhkan tindak lanjut dari kementerian,” ujar Kadis Nakertranskop UM,Avian Noor, melalui Kasi Pembinaan Transmigrasi, Winarti belum lama tadi.
Untuk infrastruktur jalan,lanjut Winarti tahun ini masih dalam proses pengerasan, sementara listrik rumah telah tersedia dengan dukungan perusahaan sekitar.Namun terkait fasilitas umum, sudah terdapat sekolah dasar dan tempat ibadah.
“Selain listrik, CSR perusahaan juga telah memberikan bantuan sapi untuk peternakan, dan rencana selanjutnya akan dijadikan tempat budidaya lobstrer,” imbuhnya

Terkait pembinaan usaha mikro nelayan setempat,pihaknya secara bersinergi juga terus memberikan pembinaan pelatihan sesuai dengan potensi di wilayah setempat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).
Melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertrankop dan UM) terus bersinergi bersama pemerintah provinsi melalui dukungan APBN terus pembinaan yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan mengahadirkan narasumber kompeten di bidangnya.
Berdasarkan potensi kampung transmigrasi itu, yang dominan adalah nelayan, maka dari itu dalam pelatihan bekerja sama dengan Dinas Perikanan, selain itu juga dengan Bidang Usaha Mikro dalam pengembangan produk makanan dari hasil nelayan.
Sebelumnya, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan souvenir dan aksesoris dari kerang pada Juli lalu, yang menghadirkan narasumber dan mentor pemateri dari provinsi.
“Kedepannya kita akan memberikan pelatihan manajemen usaha pada Oktober mendatang. Dengan target peserta diprioritaskan dari kampung transmigrasi tersebut,”pungkasnya
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here