Diet Sampah Plastik, PT BIB Bagikan 1000 Tumbler Bagi Pelajar Sekolah Dasar

0
119
Batulicin,WTol – Pembagian 1000 botol minum dan tempat makan bagi anak anak SDN Sebamban Baru oleh PT Borneo Indo Bara (BIB) merupakan program CSR perusahaan dalam rangka mendukung program pemerintah daerah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
Pemberian tumbler secara gratis kepada 242 siswa tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor di dampingi Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Borneo Indo Bara,Riadi Pinka Sinem dan Kepala sekolah.
Kegiatan berlangsung di halaman SDN Sebamban Baru, Kecamatan Sungai Loban,Kamis (17/10/19)
Perang terhadap sampah plastik merupakan komitmen perusahaan PT Borneo Indo Bara dalam ikut mengkampanyekan pengurangan sampah plastik,selain dalam bentuk himbauan kepada karyawannya untuk tidak menggunakan wadah plastik sekali pakai, pihak perusahaan juga menyiapkan botol galon khusus di tiap ruangan.
” Khususnya kepada para siswa disekolah ini agar tidak lagi menggunakan wadah sekali pakai,harapan kita disekolah ini tidak ada lagi sampah plastik karena anak anak sudah menggunakan botol minuman yang bisa dipakai berulang kali dan aman,”jelas Riadi Pinka Sinem,selaku KTT PT Borneo Indo Bara.
Sementara itu bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya mengatakan, kampanye pengurangan sampah plastik sesuai Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengurangan Pemakaian Kantong Plastik.
” Kedepan saya ingin setiap sekolah mulai dari tingkat PAUD sampai SLTA agar dapat menyiapkan tempat air khusus bagi siswanya untuk mengisi ulang tumbler mereka,”ucapnya
Baca Juga : Ribuan Jamaah Hadiri Tabligh Akbar Bersama Ustadz Das ad Latief Yang Digelar PT BIB
Baca Juga : PT BIB Berikan Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Ibu Ibu Rumah Tangga.
Upaya ini menurut bupati juga sebagai bentuk dukungan program Nasional Revolusi hijau maupun program Go Green yang tengah digalakkan baik pemerintah pusat maupun Provinsi.
” Sehari produksi sampah kita mencapai 21 ton sampah ini sudah tak tertampung lagi di TPA Sungai Dua,”ucap bupati.
Karena itu menurut bupati,apa yang dilakukan perusahaan dengan mengkampanyekan pengurangan sampah plastik sangat positif dalam rangka menekan produksi sampah palstik didaerah ini.
“TPA Sungai Dua tak sanggup lagi menampung sampah,solisinya kita akan bangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru di Kecamatan Satui lahannya sudah ada 10 hektar,” tambahnya
Lebih jauh dikatakan,kedepan Pemerintah daerah menginginkan pengelolaan sampah dapat dilakukan secara terpadu, dimana sampah plastik dapat diolah dan bernilai ekonomi.
” Misalnya sampah plastik bisa kita olah menjadi biji plastik, kemudian sampah rumah tangga bisa dibuat pupuk kompos,ini semua bernilai ekonomis,”imbuhnya
Baca Juga : Prorgram Kampung Iklim,Pemkab Tanbu Terima Apresiasi Proklim Dari Kementerian LHK Ri
Hal ini juga sejalan dengan program Kampung iklim yang tengah digalakkan pemerintah daerah saat ini.
Dalam kesempatan ini pula Kepala Sekolah SDN Sebamban Baru, Hikmatullah menyampaikan penghargaan dan terimah kasih baik kepada perusahaan maupun pemerintah daerah dalam kegitan disekolahnya
” Sangat bermanfaat bagi anak anak kami,biasanya siswa beli minuman kemasan,alhamdulillah dengan tumbler ini mereka bisa membawa air minumdari rumah ataupun dari kran air yang nanti akan kami sediakan,” pungkasnya.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here