Kajian Kitab Alhikam : Hikmah #6 Makna Doa

0
266

لاَ يَكُنْ تَأَخُّرُ أَمَدِ الْعَطَاءِ مَعَ الإلْحَاحِ فِى الدُّعَاءِ مُوجِبًا لِيَأْسِكَ فَهُوَ ضَمِنَ لَكَ الإجَابَةَ فِيْمَا يَخْتَارُ لَكَ  لاَ فِيْمَا تَخْتَارُ لِنَفْسِكَ فِى الْوَقْتِ الَّذى يُرِيْدُ لاَ فِى الْوَقْتِ الَّذِى تُرِيْدُ

Artinya

Janganlah karena kelambatan pemberian karunia dari Allah sedangkan engkau telah bersungguh sungguh berdoa, membuat kamu berputus asa. Sebab Allah telah menjamin untuk mengabulkan semua doa, menurut apa yang dipilihNya untuk kamu , bukan menurut kehendakmu, pada waktu yang ditentukan oleh Nya bukan waktu yang kamu tentukan.

Penjelasan
 Doa merupakan permohonan dan permintaan yang kita harapkan kepada Allah, sekaligus merupakan perintah Allah karena doa adalah ibadah.Sebagaimana sabda Nabi s.a.w ” Doa adalah otaknya ibadah “.
Tidaklah sulit bagi Allah untuk mengabulkan apa yang kita mohonkan.Sekiranya Allah memberi semua apa yang ada di langit dan bumi, hal itu tidaklah akan mengurangi kekayaan Allah s.w.t. Begitu pula andaikan Allah menahan pemberian Nya, hal itu pun tidak akan menambah kekayaan dan kemuliaan Nya .

Jadi masalah memberi atau menahan tidak akan mempengaruhi ketuhanan Allah s.w.t.
Ketuhanan Allah adalah mutlak, tidak terpengaruh oleh kehendak, keinginan, doa dan amalan hamba hamba Nya .
Firman Allah ; Surah Ibrahim  : 27 yang artinya
Dan Allah berkuasa melakukan apa yang Dia kehendaki 

Firman Allah ; Surat Al Anbiya : 23 yang artinya,
Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat Nya , dan merekalah yang akan ditanyai. 

Doa adalah  penyerahan seorang hamba kepada Allah, bukan suatu tuntutan .
Maka dengan doa kita menyerahkan segala sesuatu kepada urusan Allah, yang di tangan Nya terletak segala perkara .Maka kita harus menyadari bahwa apa yang kita suka belum tentu baik buat kita , begitu pula apa yang kita tidak suka belum tentu buruk buat kita. Karena Dialah Allah yang Maha Pemurah, Maha Penyayang, lagi Maha Mengetahui.

Wallahu A’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here