Kajian Alhikam : Hikmah#5 Mata Hati yang Buta

0
503

إِجْتِهَادُكَ فِيْمَْا ضُمِنَ لَكَ وَتَقْصِِيْرُكَ فِيْمَا طُلِبَ مِنْكَ دَلِيْلٌ عَلَى إِنْطِمَاسِ الْبَصِيْرَةِ مِنْكَ

Artinya : Kegigihan usahamu untuk memperoleh apa apa yang telah dijaminkan untukmu, di samping kelalaianmu pada hal hal yang dituntut atasmu, adalah suatu bukti terhapusnya penglihatan mata hati darimuPenjelasan

 Mata hati yaitu penglihatan hati atau kemampuan hati untuk mengenal apa yang dimiliki oleh hati. Sisi batin yang dimiliki oleh setiap manusia mempunyai bentuk yaitu Qalbu atau hati. Hati yang dimaksud di sini bukanlah seonggok danging atau gumpalan darah yang terdapat dalam tubuh manusia.Dia adalah hati rohani , bukan perkara materi namun merupakan perkara gaib yang dinamakan Latifah Rabbaniyah atau Rahasia Tuhan. Jika hati bersih dan suci maka dia bisa mengenal Tuhan, karena hati merupakan sentral dari pada Ruh, sedangkan Ruh adalah urusan Allah.

Mata dhahir berfungsi untuk melihat , mengenal dan membedakan hal hal yang bersifat nyata dan kongrit sedangkan mata Hati berfungsi untuk mengenal hakikat segala sesuatu yang dilihat mata dhahir.
Mata hati yang hanya mampu melihat perkara perkara yang bersifat materi saja, maka dia masih terhijab. Sedangkan mata hati yang bisa mengungkap makna dan hakikat segala sesuatu dan terkembali kepada Allahdi situlah mata hati bisa melihat.

Firman Allah dalam surat ; Al-Mukmin : 13 yang artinya,
Dia lah yang memperlihatkan kepadamu tanda tanda ( kekuasana Nya ) dan menurunkan untukmu rezeki dari langit .Dan tiadalah mendapat pelajaran kecuali orang orang yang kembali ( kepada Allah )

Wallahu A’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here