IPG Dan IDG,Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Pembangunan

0
77
Batulicin,WTol – Indek Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) dalam Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan indikator dalam evaluasi pencapaian Pembangunan dan Pemberdayaan gender.
Untuk memberikan pemahaman mengenai hal tersebut,Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang dibuka Wabup Ready Kambo, di Ruang Gedung PKK,Simpang Empat, Senin (28/10/19)
Hadir sebagai narasumber yakni Ismiyati Rukayaningsih dari Dinas BP3A Provinsi Kalimantan Selatan dan Alpian dari Bappeda Kabupaten Tanah Bumbu.
“Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan menggerakkan Pengarus Utamaan Gender (PUG) di masing-masing bidang,”ungkap Narni,Kepala DKBP3A
Baca Juga : Sekda Tanbu Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke- 91
Baca Juga : Borneo Indo Bara Serahkan Bantuan Bus Sekolah
Selain itu juga untuk meningkatkan komitmen para pengambil keputusan dalam mendukung Pengarus Utamaan Gender (PUG) dan tersedianya data terpilah
Sementara itu,Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya disampaikan H. Ready Kambo mengatakan, IPG dan IDG menjadi indikator untuk melihat sejauh mana keterlibatan dan peran aktif perempuan pada kegiatan ekonomi dan politik dalam pengambilan keputusan.
“IPG dan IDG merupakan indikator yang digunakan untuk melakukan evaluasi pencapaian Pembangunan dan Pemberdayaan gender, oleh para pemangku kebijakan,” jelasnya.
Baca Juga : Sudian Noor : Lulus SD Hafal Juz 30 Bebas Pilih Zonasi.
Oleh karenanya, pemerintah daerah berharap melalui rakor ini akan diperoleh data dan informasi yang terkini, akurat dan komprehensif tentang keberhasilan pembangunan dalam peningkatan kualitas hidup semua penduduk, serta kemajuan partisipasi Perempuan dalam pengambilan keputusan.
“Sehingga memperoleh Angka Indeks Pemberdayaan Gender yang nyata tentang pengarus utamaan gender di daerah ini, dalam upaya mengukur peningkatan kualitas sumber daya manusia,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here