Inspektorat Tanbu Gandeng BPD Awasi Kegiatan di Desa

0
175

Batulicin,WTol –
Inspektorat Kab Tanah Bumbu menggelar Sosialisasi Sentra Pengaduan Masyarakat (Sepakat) di Aula Mahligai Bersujud Kapet,Selasa (18/2/20)
Kegiatan dibuka Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Tanah Bumbu, Drs H M Thaha,M.Pd dengan menghadirkan narasumber yakni Kasi intel Kejari Tanah Bumbu,Fajar Seto Nugroho dan Kanit Tipikor Polres Tanbu,Ipda Indarta.
Peserta sosialisasi yakni Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Tanah Bumbu.
Inspektur Kab Tanah Bumbu,Ikhsan Budiman,MM dalam laporannya menyampaikan,sosialisasi dilaksanakan sebagain bentuk pembinaan atas respon masyarakat terhadap pelayanan pemerintah baik pelayanan terkait infrastrukutur,kualitas pelaksanaan kegiatan maupun kemungkinan penyimpangan dari penyelenggara kegiatan.
” Inspektorat akan menindaklanjuti atas laporan masyarakat,jika berkaitan tindak pidana umum maka akan ditangani kepolisian, jika penyimpangan tindak pidana khusus akan ditanganai oleh kejaksaan,” ucap Ikhsan.
Inspektorat Tanah Bumbu juga menggandeng Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam hal pengawasan.Menurut Iksan BPD sebagai mitra pengawasan yang ada didesa.
” BPD sangat potensial yang bisa dijadikan mitra dalam memberikan masukan bagi kami,terutama dalam hal pengawasan kegiatan di desa,” tambahnya
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor dalam sambutan tertulisnya dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik,Drs H M Thaha,M.Pd menyampaikan tuntutan publik terhadap setiap pelayanan oleh penyelenggara negara senantiasa bermuara pada kepuasan,transparansi dan akuntable.
” Hal tersebut menjadi indikator pelayanan publik yang prima yang menjadi tuntutan target dari pemerintahan daerah khususnya bagi pelayanan publik di Bumi Bersujud,” ucapnya
Bupati berharap dengan sentra pengaduan masyarakat ini mampu mendorong masyarakat membangun komunikasi yang sinergis dan produktif dalam hal pengawasan publik.
” Sistem pengaduan masyarkat ini menjadi media bagi masyarakat untuk melaporkan jika ada dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara atau birokrasi pemerintah,” tegas Bupati
Melalui sosialisasi Sepakat ini bupati juga berharap peserta benar benar mampu memahami dan menterjemahkan secara seksama setiap pelayanan yang bersinggungan dengan kepentingan publik.
” Semiga kegiatan ini mampu menjadi spirit dan motivasi inspirasi untuk memperbaiki dan memperbaiki kualitas kinerja pelayanan yang profesional,” pungkasnya
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here