Inovasi Desa Jadi Indikator Keberhasilan Pembangunan Desa

0
70
Batulicin – Salah satu Indikator keberhasilan pemerintahan desa dan kelurahan terkait tata kelola pemerintahan yang baik yakni terwujudnya kinerja pemerintahan desa, inovasi desa serta kesiap siagaan mitigasi bencana dan cara pelestarian nilai budaya di desa tersebut.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir, menyebutkan, setidaknya terdapat tiga indikator penilaian yang digunakan untuk mengukur dan menilai sampai dimana pemerintahan desa menjalankan roda pemerintahannya.
” Indikator pertama terkait tata kelola pemerintahan yang baik yakni bagaimana mewujudkan kinerja pemerintahan desa kemudian inovasi desa serta kesiap siagaan mitigasi bencana dan cara pelestarian nilai budaya di desa,” ujar Samsir, Jumat (25/3/22).
Samsir yang juga Ketua Tim evaluasi perkembangan desa dan kelurahan menjelaskan indikator tersebut menjadi poin penilaian pada lomba desa dan kelurahan sekaligus bentuk partisipasi Dinas PMD dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Tanah Bumbu ke-19.
Indikator kedua yakni berkaitan dengan kewilayahan seperti perhitungan batas wilayah antara desa dan kelurahan, luas dan lebar wilayah, jumlah warga desa atau kelurahan, profil desa dan lain sebagainya.
“Termasuk juga pemberdayaan masyarakat terkait tingkat partisipasi masyarakat dalam menghadiri kegiatan Posyandu di desa maupun kelurahan, pelaksanaan gotong royong, karang taruna atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM),” imbuhnya.
Selanjutnya tambah Samsir yakni terkait masalah kesehatan dan perekonomian. Indikator ini penting karena berkaitan langsung dengan keamanan dan kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu ia berharap ketiga indikator tersebut mampu menjadi bahan evaluasi kinerja para kepala desa dan lurah yang akan terpilih menjadi pemenang dalam lomba desa sesuai dengan Permendagri No.18 Tahun 2015.
Selain itu nantinya desa dan kelurahan yang telah berpartisipasi dan berkesempatan memperoleh juara dalam kegiatan itu akan diberikan apresiasi berupa piagam penghargaan dan plakat yang akan diberikan secara langsung pada saat perayaan HUT ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu.
Tidak hanya itu, desa maupun kelurahan terbaik yang mendapatkan juara juga akan mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam lomba desa pada tingkat provinsi maupun nasional. (Fdr/Zhd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here