HUT Desa ke-38, Camat Kuranji Apresiasi Pembangunan Desa Waringin Tunggal

0
186
Batulicin,wartatanbu.co.id – Desa Waringin Tunggal Kecamatan Kuranji Kab Tanah Bumbu memperingati hari jadinya yang ke – 38. Sejumlah kalangan menyampaikan apresiasi atas pencapaian pembangunan di desa ini.
Apresiasi tersebut salah satunya datang dari tokoh agama setempat yang menilai pembangunan desa telah berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.
” Peringatan hari jadi Desa yang ke 38 dilaksanakan warga bersama Pemerintahan Desa ini sebagai ungkapan Rasa Syukur atas nikmat dari Tuhan dimana Desa kami sudah maju infrastruktur, jalan beraspal,penerangan jalan , PDAM dan lainnya,” ungkap Sattar
Apresiasi yang sama disampiakn oleh Camat Kuranji Samsir, SE.,M.AP mengapresasi Kepala Desa Waringin Tunggal, Zainal Abidin yang dinilai telah mampu mengembangkan Desanya secara swakelola dengan melibatkan warga membangun sarana prasarana desa.
” Satu tahun lebih menjabat, kades dengan semangat gotong royong sebagai kata kunci untuk memajukan desa. Membangun taman warga bergotong royong memberikan berbagai macam tanaman hias yang mana harganya mencapai jutaan rupiah ini bukti bahwa desa ingin maju dengan semangat kebersamaan,” terang Samsir.
Dalam sambutannya pada peringatan HUT Desa ke-38 itu, Camat Kuranji juga meminta Pemerintah Desa untuk mengembangkan  Bumdes sesuai potensi yang ada di desa.
Sehingga melalui BUMDES nantinya akan meningkatkan Pendapatan Asli Desa dari Desa berkembang menjadi Desa Maju. Harapan Camat inipun diamini warga sebagai bentuk dukungan dan cita cita bersama.
Dalam kesempatan itu, Camat Kuranji juga mensosialisasikan Surat Edaran Kementerian Keuangan Nomor SE-2/PK/2021 tanggal 8 Februari 2021 tentanf Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa TA 2021 untuk Penanganan Pandemi Covid-19:
Serta Instruksi Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2021 tentanf PPKM berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid 19 Tingkat Desa/Kel untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19, serta Perbup No.28 Tahun 2020 ttg
Tatanan Baru Masyarakat  yang Produktif  (Covid-19).
Mengakhiri smabutannya Camat kembali menghimbau kepada warganya agar selalu melaksanakan Prokes dengan menerapkan 3 M yakbi menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
Menurutnya hal tersebut penting untuk dilaksanakan agar kita tidak terjangkit covid-19. jika terdapat lebih dari 10 rumah ada terkonfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir, maka akan diberlakukan PPKM tingkat RT.
Saat ini tim satgas covid-19 kecamatan telah melaksanakan operasi Yustisi dan bagi yang terjaring akan diberikan sanksi teguran dan sanksi sosial.
Kegiatan HUT ke-38 Desa Waringin Tunggal dihadiri Kadis PMD, Muspika, Kepala Desa se Kecamatan Kuranji dan beberapa Kepala Desa Dari Kecamatan lain.
*kecamatan kuranji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here