Hujan,Upacara Hari Pahlawan Tahun 2018 Kemenkumham Kalsel Tetap Khidmat

0
204
Banjarmasin,WTOL – Hujan tidak mengurangi semangat para peserta Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018 yang sebelumnya direncanakan dilaksanakan pada halaman Kantor kemenkumham kalsel terpaksa di alihkan ke dalam gedung olahraga Kadarkum Kantor Wilayah Kemenkumham.
Bertindak sebagai inspektur upacara, Kakanwil kemenkumham Kalsel,Ferdinand Siagian.
“Setiap jaman pasti ada Pahlawannya dan setiap Pahlawan pasti berkiprah di eranya.Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk Negeri ini.”ucap Kakanwil kemenkumham Kalsel,mengawali sambutan tertulis Mensos RI,Agus Gumiwang Kartasasmita.
Lebih jauh dikatakan,negeri ini membutuhkan Pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usahan kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.
Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai padangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain khususnya ketika Negeri ini memasuki era revolusi industry
Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia meproklamirkan kemerdekaannya.Bulan Nopember ingatan bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tampa pamrih para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita.
Para Syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.”Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah Semangat Pahlawan Di Dadaku yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insane tertanam nilai-nilai kepahlawanan
“karenanya siapapun dapat menjadi Pahlawan, setiap Warga Negara Indonesia tanpa kecuali, dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, dan bagi bangsa dan Negara.”tambah Inspektur Upacara.
Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018 diikuti seluruh Pegawai dilingkungan Kantor Wilayah dan Para Pimpinan Tinggi Pratama diantaranya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Asep Syarifudin, Kepala Divisi Keimigrasian Dodi KH Atmaja, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Subianta Madala, dan Para Pejabat Administrator/Pengawas.
Dalam penutup sambutannya disampaikan.”Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat Pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama Bangsa dan Negara.Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial.Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.”bacanya
Sementara itu salah satu dari enam tokoh Pahlawan yang dianugerahkan Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo sebagaimana dengan Keputusan Presiden RI Nomor 123/TK/TAHUN 2018 tanggal 6 November 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.Adalah Alm. Ir. H Pangeran Mohammad Noor, yang merupakan tokoh dari Provinsi Kalimantan Selatan.
*hms kwl/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here