Hari Peduli Sampah,DLH Tanbu Libatkan Ratusan Pelajar

0
54

Batulicin,WTol –
Ratusan pelajar dari sekolah adiwiyata di Kab Tanah Bumbu berpartisipasi membersihkan kawasan pantai Pagatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Provinsi Kalsel 2020.
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu melibatkan ratusan pelajar untuk membersihkan sampah di Pantai Pagatan,Jumat, 21 Februari 2020.
“Dalam memperingatI hari peduli sampah ini kita juga ingin memberikan edukasi kepada pelajar pentingnya peduli dan mengelola sampah,”terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo, disela aksi bersih-bersih pantai.
Keberadaan pelajar lanjut Rahmat, sangat berperan dalam menjaga lingkungan di sekolah, bahkan mulai menularkan kepada keluarga di rumah dan masyarakat.
Dirinya berharap 10 tahun yang akan datang apabila pelajar tersebut menjadi seorang pengambil keputusan akan berpihak pada lingkungan.
Aksi bersih bersih pantai melibatkan 248 orang pelajar dari 14 sekolah jenjang SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Tanah Bumbu yang dilibatkan itu merupakan sekolah adiwiyata di bawah binaan DLH Tanah Bumbu baik tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.
Dikatakan,pertumbuhan penduduk yang pesat secara pasti diiringi dengan produksi sampah yang semakin bertambah banyak.
Aksi bersih sampah pada HPSN 2020 dikatakannya, hendaknya mengajarkan pada semua pihak akan pentingnya melestarikan, mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan mulai diri sendiri, baru kepada lingkungan sekitar.
Metode penanganan sampah yang diterapkan DLH Tanah Bumbu selama ini ialah mulai dari hulu, melakukan upaya edukasi untuk meruduksi dengan memilah mana sampah organik dan jenis sampah anorganik.
“Khusus sampah organik,kita telah melakukan pembinaan dengan memanfaatkan menjadi pupuk organik maupun sumber energi alternatif melalui biodigester,” pungkasnya
Zh/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here