Hari Ini,Arah Kiblat Masjid Apung Tanbu Di Tetapkan

0
272
Batulicin,Wtol – Pembangunan Masjid apung di Pagatan saat ini telah memasuki tahap penetapan arah kiblat masjid.
Penentuan arah kiblat ini dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) bersama  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanbu.
Pengukuran dilakukan pada Kamis, (27/06) di lokasi rencana pembangunan masjid apung,di Siring Pantai Pagatan,Kecamatan Kusan Hilir.
Turut menyaksikan pengukuran,Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor bersama pihak PT Borneo Indo Bara (BIB) selaku inisiator pembangunan masjid apung ,yang diwakili Manager CSR and External Relation Head, Dindin Makinuddin.
Pembangunan Masjid Apung Pagatan merupakan program tahun jamak (multiyears) yang menggunakan dana CSR dari perusahaan tersebut  yang mencapai 22 milyar rupiah, dimana direncanakan akan selesai dibangun dalam jangka waktu dua tahun.
Dindin menjelaskan, ada beberapa hal teknis yang menjadi perhatian dan memerlukan perhitungan secara detail, terutama karena letak masjid yang berhadapan dengan laut lepas.
“Ada beberapa hal yang diperhitungkan secara matang, seperti tingkat kedalaman pasang surut air laut serta pembangunan pemecah ombak di sekitar lokasi masjid,”ungkapnya
Hal-hal seperti itu, menurutnya akan mempengaruhi kekuatan bangunan. Karenanya ketelitian menjadi syarat utama pembangunan, agar masjid kuat dan kokoh.
Kemudian lanjutnya, pembangunan masjid ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah daerah dalam pengembangan destinasi wisata di Kab Tanbu, terutama wisata religi.
“Sesuai dengan RPJMD kabupaten yang menjadikan wisata sebagai salah satu tujuannya, maka setelah selesai dibangun, Masjid Apung Pagatan akan menjadi salah satu destinasi wisata religi disini,” sampai Dindin.
Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan semua pihak, terutama Bupati H Sudian Noor atas masukan yang telah diberikan, selama proses pembangunan masjid apung tersebut.
“Semoga doa dan dukungan yang telah diberikan dapat menjadi amal sholeh untuk kita dan anak cucu kita nanti,” tutupnya.
Sementara itu Bupati H Sudian Noor saat acara menyampaikan apresiasi kepada pihak perusahaan atas partisipasinya dalam turut mensukseskan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.
“Banyak kontribusi yang telah disalurkan perusahaan bagi Tanah Bumbu. Selain masjid ini, sekarang juga sedang dibangun gedung Puskesmas di Angsana, yang digadang menjadi terbaik tidak hanya di Kalimantan namun hingga di tingkat nasional,” sebutnya.
Bupati H Sudian Noor berharap, masjid ini nantinya tidak hanya menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kab Tanbu, namun bisa lebih dari itu.
“Mesjid ini nanti bisa dijadikan tempat berkumpul dan berkegiatan masyarakat. Seperti khataman Al-Quran dari para santri Rumah Tahfidz yang ada disini,” ujarnya.
Bupati berharap semoga masjid apung tersebut dapat menjadi kemaslahatan bagi umat dan menjadi bagian dari wujud komitmen perusahaan dalam turut membangun sumber daya manusia di Bumi Bersujud.
Turut berhadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kemenang Tanbu Abdul Basit, Kabag Kesra, Ahmad Fauzi, Camat Kusan Hilir, Dewi Murni, beberapa pejabat SKPD dan para ulama serta tokoh masyarakat. 
(Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here